Jumat, 26 April, 2024

Wakapolri Siap Bantu Gubernur Jabar Tingkatkan Kedisiplinan Warga Soal Covid-19

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Mamil menerima kunjungan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di Gedung Sate, Bandung, Jumat (21/8/2020).

Kunjungan itu untuk membahas perkembangan terkini penanganan Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Jabar. Gatot Eddy Pramono selaku Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat laporan dari Ridwan Kamil terkait kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan Covid-19 yang masih rendah.

“Misal Pak Gubernur minta Depok, kami akan upayakan bantu lewat Pak Kapolda dan Pangdam DKI, termasuk kegiatan-kegiatan sosialisasi dalam hal penggunaan masker yang baru 50 persen akan kita bantu dorong,” ungkapnya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (21/8/2020).

Menurut Gatot, pihaknya pun juga telah menerima pemetaan masalah penanganan Covid-19 di Jabar. Selanjutnya, Gatot akan menyerahkannya ke Satgas COVID-19 untuk sama-sama dipelajari. Bahkan, jika ada penanganan di Jabar yang dianggap sudah baik, maka tak menutup kemungkinan bisa diadopsi untuk daerah lainnya.

- Advertisement -

“Akan disampaikan ke Pak Ketua (Erick Thohir) yang Insya Allah mudah-mudahan kalau positif akan disampaikan ke daerah lain. Kita paham penanganan Covid tak sama satu daerah dengan daerah lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyampaikan beberapa perkembangan terbaru terkait penanganan Covid-19 di Jabar. Mulai dari status zonasi risiko kabupaten kota, pengetesan masif, denda masker secara daring, hingga rencana penguatan ekonomi.

“Dalam rangka ekonomi bangkit kembali, semua lini ekonomi sudah dibuka dengan syarat pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagai kebijakan masih 50 persenan meski sudah naik. Sehingga agar ekonomi tetap jalan, kita perlu pendisiplinan,” katanya.

Pertemuan Kasad dan Wakapolri bersama Ridwan Kamil itu merupakan bagian dari upaya melihat perkembangan penanganan Covid-19, khususnya di lima provinsi dengan jumlah kasus terbanyak.

Sebelumnya, Andika dan Gatot pada juga telah menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (19/8/2020) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Rabu (12/8/2020) lalu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER