Pemprov DKI Tata Kampung Akuarium, PAN Angkat Jempol untuk Anies

Politisi PAN, Riano P Ahmad

MONITOR, Jakarta – Tak disangka, kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies melakukan penataan terhadap Kampung Akuarium di Jakarta Utara, menuai pujian. Pujian tersebut salah satunya datang dari Politisi PAN, Riano P Ahmad.

Politisi muda asal Tanah Abang ini, mengatakan, penataan Kampung Akuarium yang dilakukan Anies bagian dari komitmen Anies saat kapanye di Pilkada Jakarta.

“Ini bukti komitmen Anies terhdap janjinya. Saya kira patut diapresiasi dan saya angkat jempol kepada Anies,” ujarnya.

Namun demikian, anggota Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, ini berharap Anies tidak hanya melakukan penataan kampung di Kampung Akuarium saja, melainkan juga menjangkau keberadaan kampung lainnya di Jakarta yang memang membutuhkan perhatian dari Pemprov DKI Jakarta.

“Saya kira tidak hanya Kampung Akuarium saja yang harus mendapat perhatian dari Pemprov DKI. Tapi masih banyak kampung-kampung di Jakarta yang juga butuh perhatian,” terangnya.

Lanjut Riano, untuk bisa merealisasikan, Maju Kotanya dan Bahagia warganya, Anies harus bisa memberikan perhatian yang merata kepada semua wilayah diseluruh wilayah Jakarta.

Sekedar diketahui, keberadaan Kampung Akurium bisa dikatakan sempat rampai jadi pergujingan. Saat Jakarta di pimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, keberadaan Kampung Akuarium dicanangkan untuk digusur.

Penggusuran dilakukan lantaran bakal dibangun sheetpile di kawasan tersebut. Pembangunan bertujuan mencegah air laut masuk. Kampung ini kembali mendapat perhatian pada masa kepemimpinan Anies Baswedan.

Bahkan, Pemprov DKI berencana membangun 241 rumah di Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Pembangunan dimulai September 2020. Sembari menunggu, warga tinggal di hunian sementara.

Dana pembangunan ini tidak murni bersumber dari angaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta, melainkan direncanakan dari dana kewajiban pengembang senilai Rp 62 miliar.