Kamis, 28 Maret, 2024

Masih Pandemi, Perayaan Tahun Baru Hijriyah Harus Terapkan Protokol Kesehatan

MONITOR, Jakarta – Umat Islam akan menyongsong Tahun Baru Hijriyah 1442 pada Kamis (20/8/2020). Momentum ini seringkali dirayakan oleh sebagian umat Islam dengan beragam kegiatan, salah satunya parade tahun baru.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin, mengingatkan bahwa saat ini dunia, termasuk Indonesia, masih dilanda pandemi Covid-19. Karenanya, Kamaruddin berharap, segala bentuk giat menyambut tahun baru digelar secara sederhana dan mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19.

Untuk itu, menurut Kamaruddin, seperti perayaan hari besar Islam sebelumnya seperti Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha, protokol kesehatan Covid-19 tetap harus diterapkan.

“Jika ada seremonial perayaan, agar digelar sederhana dan mematuhi protokol Covid-19. Tetap jaga jarak dan hindari potensi kerumunan massa,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

- Advertisement -

Kamaruddin berharap Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah menjadi sarana evaluasi diri atas capaian individu sebagai hamba Allah dan juga capaian kolektif sebagai warga bangsa dan komunitas umat Islam, termasuk juga evaluasi terkait kualitas keberagamaan. 

“Hijrah berarti bertransformasi ke arah yang lebih baik. Semoga setiap tahun kita naik kelas,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER