Kamis, 25 April, 2024

Lewat Video, Refly Harun Undang Masyarakat Umum Hadiri Deklarasi KAMI

MONITOR, Jakarta – Sejumlah tokoh yang tergabung dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan mendeklarasikan diri, hari ini, Selasa (18/8). Salah satu inisiator Refly Harun mengumumkannya secara terbuka melalui unggahan video.

Ia mengatakan agenda deklarasi ini akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB di Lapangan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

“Pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB, KAMI akan membacakan deklarasi, nah undangan lengkapnya akan saya bacakan disini,” ujar Refly Harun dalam video pengantarnya, yang ditulis MONITOR.

Ahli Hukum Tata Negara ini menambahkan, selain dirinya, ada sekitar lebih dari 100 tokoh akan hadir mendeklarasikan KAMI, diantaranya Rocky Gerung, Said Didu, Chusnul Maryah, hingga Neno Warisman. Ia pun menyebut beberapa nama perwakilan KAMI seperti Ahmad Yani, Syahganda Nainggolan, Din Syamsudin, Gatot Nurmantyo, Rahmat Wahab.

- Advertisement -

“Jadi, saudara-saudara sekalian silakan kalau mau hadir karena kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang ingin hadir,” kata Refly.

Diketahui, KAMI memiliki ‘Jati Diri’ yang terdapat sepuluh poin. Istilah Jati Diri seperti visi misi KAMI terkait latar belakang, tujuan, serta struktur organisasinya.

Sepuluh poin Jati Diri KAMI ini rencananya akan dibacakan dalam deklarasi. Berikut 10 jati diri tersebut:

  1. KAMI adalah gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara, terciptanya kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. KAMI berjuang dan bergerak untuk melakukan pengawasan sosial, kritik, koreksi, dan meluruskan kiblat bangsa dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan.
  3. KAMI berjuang dengan melakukan berbagai cara sesuai konstitusi, baik melalui edukasi, advokasi, maupun cara pengawasan sosial, politik moral, dan aksi-aksi dialogis, persuasif, dan efektif.
  4. KAMI sebagai koalisi rakyat dengan latar belakang kemajemukan agama, suku, profesi, dan afiliasi politik, menjunjung tinggi kemajemukan, kerukunan, dan kebersamaan. Pandangan dan sikap KAMI adalah perwujudan dari hal-hal yang dapat disepakati.
  5. KAMI mempunyai pandangan dan sikap resmi yaitu yang disepakati secara tertulis oleh dewan deklarator. Di luar itu merupakan pandangan dan sikap pribadi deklarator, atau jejaring pendukung KAMI di pusat, daerah, dan luar negeri.
  6. KAMI sebagai gerakan moral rakyat yang bersifat nasional menerima dukungan dan penyaluran aspirasi rakyat di daerah-daerah dan warga negara Indonesia di luar negeri walau tidak ada hubungan struktural-organisatoris, namun kami berkewajiban moral untuk menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi itu.
  7. KAMI baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri, dan jejaringnya berjuang untuk tujuan adanya perubahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan dapat dihentikan.
  8. KAMI bergerak secara berkesinambungan atas dasar keyakinan bahwa kebenaran dan keadilan harus tegak, serta kebatilan dan kemungkaran harus sirna.
  9. KAMI membagi struktur organisasi kepada:

A. Dewan Deklarator sebagai penentu kebijakan prinsipil dan strategis, dan dipimpin oleh presidium yang bekerja secara kolektif-kolegial memimpinkan gerakan sesuai jati dirinya.

B. Komite Eksekutif terdiri dari sembilan orang yang diangkat oleh presidium, berfungsi sebagai motor penggerak koalisi, melaksanakan rencana-rencana strategis yang diputuskan Dewan Deklarator dan membentuk serta mengoordinasi divisi-divisi.

C. Komisi-komisi sebagai organ kerja sesuai sektor pembangunan nasional yang melaksanakan kerja/aksi di bawah koordinasi presidium.

D. Divisi-divisi merupakan organ dan instrumen koalisi yang melaksanakan rencana kerja/aksi sesuai bidangnya masing-masing.

  1. KAMI sebagai gerakan yang terorganisir, menerapkan disiplin ketat dan tegas atas kendali presidium yang dapat mengambil keputusan tertentu demi nama baik dan efektivitas gerakan.
https://twitter.com/G4kNy3r4hBR0___/status/1295519943404843008
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER