Jumat, 26 April, 2024

HUT RI ke-75, UI Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Gedung Rektorat

MONITOR, Depok – Universitas Indonesia (UI) Depok mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 8 x 25 meter di Gedung Rektorat Kampus UI, Kota Depok, Senin (17/08/2020). Pengibaran tersebut dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-75 RI.

Selain bendera merah putih berukuran besar itu, bendera juga berkibar di langit Ibu Kota Jakarta. Aksi heroik ini dilakukan oleh delapan mahasiswa UI yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA UI (Mahasiswa Pecinta Alam).

“Kami sangat excited ketika mendapatkan kesempatan untuk dapat memasang ornamen merah putih raksasa di kampus. Setiap tahun, MAPALA UI selalu memanfaatkan momentum 17 Agustus untuk upacara dan mengibarkan bendera di berbagai tempat antimainstream,” kata Salsabila Safira, Ketua Umum MAPALA UI 2020, Senin (17/08/2020).

Mahasiswi Fakultas Hukum UI angkatan 2018 itu juga mengungkapkan bahwa ditahun 2019, UI mengibarkan bendera di Gua Grubug, Gunung Kidul dan Tebing Sumbing Gunung Kelud.

- Advertisement -

Sedangkan, tahun 2018, pengibaran bendera di udara di atas Pegunungan Arfak. Kemudian, pada tahun 2017, pengibarkan bendera di puncak Tebing Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah dan Gua Hatusaka, Maluku.

Kendati ditengah pandemi, Salsabila mengaku telah menunda kegiatan di alam.

“Kami telah berpengalaman melakukan ekspedisi ke gua vertikal di Indonesia. Saya sendiri telah menjelajahi Gua Grubug dengan ketinggian lebih kurang 90 meter, sedangkan ketinggian gedung Rektorat UI hanya berkisar 48 meter,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR menuturkan Peringatan HUT Ke-75 RI tahun berbeda dari biasanya. Pandemi Covid-19 tidak ada upacara bendera di kampus UI.

“Ini memang terasa sangat berbeda. Biasanya, segenap sivitas akademika UI menggelar upacara bendera dengan hikmat, namun kini hanya bisa memperingati di rumah masing-masing,” paparnya.

Karena itu Amelita berharap UI mampu menjadi simbol semarak Hari Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19 agar selalu bersemangat.

“Semoga kita semua tetap memiliki daya juang, namun tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER