Kamis, 25 April, 2024

HUT RI ke-75, PDIP Tegaskan Dukung Jokowi-Ma’ruf Wujudkan Indonesia Maju

MONITOR, Jakarta – Guna menjalankan misi kemerdekaan Indonesia bagi dunia, PDI Perjuangan (PDIP) mendukung sepenuhnya upaya Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melaksanakan cita-cita Indonesia maju, berdaulat, berdikari dan dalam jati diri kebudayaan sendiri. 

Dalam konteks itu, maka tugas seluruh kader PDIP untuk terus menggelorakan optimisme, khususnya kepada para pemuda pemudi Indonesia.

“Kepada merekalah semangat juang itu terus kita gelorakan,” ungkap Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020).

Untuk itu, Hasto menyampaikan imbauan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar kaum muda Indonesia menguasai ilmu-ilmu dasar, matematika, biologi, kimia dan fisika. Hal itu menurut Hasto, harus terus disosialisasikan oleh kader.

- Advertisement -

“Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui berbagai bentuk research dan inovasi harus menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Hasto, kader PDIP harus memastikan kebudayaan Indonesia menjadi stimulus upaya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Seluruh proses pendidikan harus memerdekakan dan memperkuat budi pekerti serta mendorong budaya prestasi. 

Maka sistem pendidikan nasional sebagai upaya memerdekakan manusia Indonesia dalam seluruh alam pikirnya, harus diimbangi dengan alam rasa. Dengan itu, akan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Nation And Character Building. 

“Disitulah disiplin dan energi semangat itu akan hadir. Tanpa suatu motif, suatu spirit yang berkobar-kobar sebagai buah kesadaran untuk menjadi bangsa pemimpin, maka Indonesia akan berjalan di tempat,” kata Hasto.

Hasto menyampaikan, spirit kepemimpinan Indonesia tersebut sangatlah mungkin. Sebab rekam jejak sejarah Nusantara dan sejarah Indonesia, mampu memperkuat keyakinan tersebut. Atas dasar hal tersebut, maka sesuai pesan Megawati, seluruh anggota dan kader PDIP terus mengedepankan semangat kepeloporan. 

“Kepeloporan dimulai dari rumah tangga kita, lingkungan terdekat kita seperti RT dan RW kita. Sekiranya seluruh kader partai mampu menggelorakan optimisme membangun semangat itu dan berprestasi, membangun disiplin untuk terus membawa kemajuan, maka gerakan Indonesia Maju akan menjadi bagian dari gerakan kebudayaan kita,” ungkapnya.

“Disitulah PDI Perjuangan memberi makna 75 tahun kemerdekaan Indonesia, yakni suatu semangat kemajuan dalam seluruh aspek kehidupan,” ujar Hasto menambahkan.

Di acara itu, Hasto ditemani oleh jajaran DPP PDIP seperti Sri Rahayu dan Nusyirwan Soejono. Hadir juga jajaran DPD PDIP Jakarta yang dipimpin Ketuanya Adi Wijaya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER