Selasa, 16 April, 2024

Bank Indonesia Sampaikan Empat Rencana Anggaran 2021 ke DPR

MONITOR, Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyampaikan Rencana Anggaran Tahunan Bank Indonesia Tahun 2021 (RATBI 2021) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada 14 Agustus 2020 di Jakarta. Penyampaian rencana ATBI dilakukan di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

Penyampaian RATBI 2021 merupakan wujud komitmen Bank Indonesia yang senantiasa mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola dalam menjalankan tugas dan wewenang guna mencapai tujuan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009.

“Rencana ATBI 2021 mencerminkan komitmen Bank Indonesia untuk terus berkontribusi nyata terhadap perekonomian,” kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya.

Hal itu terutama pada Anggaran Kebijakan Bank Indonesia yang menunjukkan berlanjutnya peran dan kontribusi Bank Indonesia dalam penanganan dampak pandemi COVID-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai amanat pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Perppu 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19 dan/atau dalam rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

- Advertisement -

“Rencana ATBI 2021 yang disampaikan kepada DPR mencakup empat hal, yaitu Pelaksanaan Tugas Bank Indonesia Tahun 2020, Evaluasi Pelaksanaan ATBI 2020, Arah Kebijakan Bank Indonesia 2021, dan Rencana ATBI Tahun 2021,” jelas dia.

Untuk itu, rencana RATBI 2021 menggambarkan arah kebijakan Bank Indonesia yang responsif terhadap perkembangan ekonomi terkini serta tantangan dan proyeksi ke depan dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis baik yang berasal dari sisi global, domestik, dan internal, serta mempertimbangkan evaluasi pencapaian kinerja dan kesinambungan strategi tahun 2020.

Onny menambahkan, respon kebijakan Bank Indonesia dilakukan dengan menetapkan sasaran utama yang akan dicapai dalam perencanaan tahun 2021 melalui 4 (empat) transformasi yakni transformasi kebijakan, transformasi organisasi, transformasi SDM dan budaya kerja, serta transformasi digital.

“Hal ini selaras dengan penajaman arah strategis Bank Indonesia 2025 melalui penguatan Visi Bank Indonesia 2025 “Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata Terhadap Perekonomian Nasional dan Terbaik di antara Negara Emerging Markets untuk Indonesia Maju”,” pungkas Onny.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER