Wakapolri Minta Para Kapolda Tangkap Penyebar Hoaks Terkait Covid-19

Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, mengungkapkan bahwa ia telah meminta jajarannya untuk menindak tegas para pelaku penyebar hoaks tentang Covid-19.

Gatot mengakui bahwa hingga saat ini masih marak hoaks terkait Virus Corona itu. Maka dari itu, Gatot pun telah meminta para Kapolda untuk menindak tegas para penyebar hoaks tersebut. Menurut Gatot, hal itu dikarenakan hoaks seputar Covid-19 sangat merugikan masyarakat.

“Saya sampaikan ke Kapolda dan Krimsus jangan ada berita hoaks terkait Covid ini. Tegakkan hukum. Kalau ada (yang sebar) hoaks tahan, saya bilang,” ungkapnya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Meski mendesak adanya penindakan hukum yang tegas terhadap penyebar hoaks, Gatot tetap meminta jajarannya untuk mengutamakan upaya-upaya yang persuasif. Menurut Gatot, hal itu juga berlaku salam penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

“Tapi dalam penegakkan hukum kita kedepankan langkah humanis. Di mana ada pendisiplinan di situ ada anggota polisi,” ujarnya.