155 Perwira TNI AD Ikut Donor Plasma Covid-19

Salah satu Perwira TNI AD mantan siswa Secapa yang ikut donor plasma untuk keperluan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (14/8/2020). (Dok. Dispenad)

MONITOR, Jakarta – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, mengungkapkan bahwa hingga saat ini sudah ada 155 perwira mantan Siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD yang sudah mendonorkan plasmanya untuk keperluan penelitian Covid-19.

“Pagi ini ada 20 perwira mantan Secapa lagi yang Donor Plasma di RSPAD, sehingga total pendonor Plasma Convalesence adalah 155 orang,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR.CO, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Sementara itu, Nefra mengatakan, berdasarkan hasil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dari uji usap atau test swab lanjutan terhadap pasien di Secapa AD, ada lima pasien lagi yang dinyatakan negatif.

“Hasil lab PCR dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan hari ini, ada lima pasien lagi yang dinyatakan negatif,” katanya.

Jadi, Nefra menyampaikan, dari total 1.308 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 di Secapa AD, kini sudah berkurang sebanyak 1.304 orang atau 99,7 persen sudah menjadi negatif.

“Menjadi tinggal empat orang atau 0,3 persen masih positif,” ujar Jenderal Bintang Satu itu.