PDIP Calonkan Kadernya Maju di Pilkada Kalimantan Barat

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (dok: net)

MONITOR, Jakarta – DPP PDI Perjuangan telah resmi mengumumkan nama-nama pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak 2020 mendatang. Dalam pengumuman tahap ketiga ini, DPP PDI Perjuangan mengumumkan sebanyak 75 paslon.

Dari 75 paslon yang diumumkan, tiga diantaranya merupakan pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada serentak di Kalimantan Barat. Ketiga daerah itu, yakni Kabupaten Sintang, Bengkayang dan Sambas.

Untuk Kabupaten Sintang, PDI Perjuangan mengusung kader sendiri untuk maju sebagai calon bupati. Adalah Yohanes Rumpak, Anggota DPRD Kalbar dari PDI Perjuangan Kalimantan Barat periode 2019-2024 yang diusung maju dengan didampingi birokrat Pemerintah Kabupaten Sintang Syarifuddin.

Di Kabupaten Bengkayang, PDI Perjuangan juga mempercayakan kader partai untuk mencalonkan diri. Martinus Kajot, eks Ketua DPRD Bengkayang sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Bengkayang ditunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai calon bupati. Martinus akan didampingi mantan Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang dr. Carlos Dja’afara sebagai calon wakil bupati.

Berbeda dengan Sintang dan Bengkayang, di Kabupaten Sambas PDI Perjuangan memilih mengusung kader partainya sebagai calon wakil bupati. Darso, Anggota DPRD Kalbar dari fraksi PDI Perjuangan diberi kepercayaan untuk mendampingi calon bupati berlatar belakang akademisi sekaligus eks Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dr. Helman Fachri.