DKPP: Tak Ada Tempat Bagi Pelaku Politik Uang

Ketua DKPP RI, Muhammad Alhamid. (Dok. Humas DKPP)

MONITOR, Bangka Belitung – Tidak ada tempat bagi pelaku politik uang dalam pesta demokrasi di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Muhammad Alhamid, dalam kegiatan bimbingan teknis bagi jajaran pengawas di Bawaslu Bangka Tengah di Pangkalanbaru, Bangka Belitung, Senin (10/8/2020).

“Maka saya tegaskan kepada jajaran pengawas lakukan pencegahan, sehingga tidak ada tempat bagi pelaku politik uang,” ungkapnya.

Muhammad menjelaskan, bimbingan teknis tersebut sangat penting karena ada tiga hal pokok yang harus ada pada setiap jajaran pengawas, yaitu beretika, berintegritas dan berkualitas.

“Sangat penting menjadi pengawas pemilu yang andal dengan selalu berpegang teguh pada kode etik, sehingga mampu melakukan pencegahan dini terhadap praktik politik uang,” ujarnya.

Muhammad mengatakan, fungsi pencegahan harus diutamakan untuk terwujudnya pemilu yang jujur, adil dan demokratis.

“Pilkada ini, selain pendekatan hukum juga sangat penting dilakukan pendekatan secara etika dan itu harus dimiliki setiap jajaran pengawas,” katanya.

Menurut Muhammad, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) merupakan bagian yang paling penting dan strategis pada Pilkada Serentak 2020 karena bertemu langsung dengan masyarakat banyak.

“Panwascam ini bisa diibaratkan sebagai penyangga dari lembaga pengawas pemilu dan penting sekali untuk terus meningkatkan kompetensi mereka,” ungkapnya.