BPJS Kesehatan Diharapkan Terus Tingkatkan Pelayanannya

Layanan BPJS Kesehatan (foto: Parepos)

MONITOR, Palangka Raya – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJs) Kesehatan diharapkan terus meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Sudah tujuh tahun BPJS Kesehatan hadir dalam menjamin kesehatan masyarakat. Untuk itu saya berharap berbagai layanan yang diberikan terus dapat ditingkatkan agar kami para peserta semakin merasa nyaman,” ungkap Peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS), Ahmad, kepada wartawan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (9/8/2020).

Ahmad yang merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNs) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) itu mengatakan bahwa program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sudah semakin baik dari tahun ke tahun.

Ahmad pun berharap, di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-52 di tahun ini, BPJS Kesehatan bisa mempertahankan dan bahkan terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

“BPJS Kesehatan saya rasa sudah sangat baik dalam menjalankan program JKN KIS ini, dari tahun ke tahun sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan supaya semakin baik pelayanannya. Semoga BPJS Kesehatan tetap mempertahankan semua layanan yang sudah baik dan bahkan bisa menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Ahmad menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan bagi peserta JKN KIS saat ini sama dengan peserta lainnya. Hal ini yang paling memiliki dampak di masyarakat akibat beredarnya informasi terkait perbedaan pelayanan.

Menurut Ahmad, untuk pelayanan terhadap peserta program JKN KIS di rumah sakit saat ini sudah bagus karena salah satu anggota keluarganya pernah mendapatkan pelayanan kesehatan yang di tanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan.

“Saya sendiri sudah merasakan manfaat dan menjadi peserta JKN sejak masih berstatus sebagai PT Askes. Memang terlihat sekali perubahan dan peningkatan kualitas layanannya. Di rumah sakit pun, biaya pengobatan kami sepenuhnya di tanggung oleh BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Ahmad mengungkapkan, pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit juga sama seperti pelayanan kepada pasien lain yang tidak menggunakan BPJS Kesehatan. Menurut Ahmad, hal seperti ini yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebagai peserta JKN KIS.

“Semoga ke depannya BPJS Kesehatan tetap mampu memberikan pelayanan kepada peserta dengan baik,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Masrur Ridwan, mengatakan bahwa program jaminan kesehatan ini telah banyak menolong peserta dan langsung merasakan manfaatnya.

“Untuk itu kami akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan sehingga masyarakat terutama pada peserta semakin merasakan dampak hadirnya negara dalam menjamin kesehatan masyarakatnya,” katanya.