Gantikan Letjen Harto, Mayjen Eko Margiyono Resmi Jadi Pangkostrad

Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, memimpin Acara Sertijab tujuh jabatan dan menerima penyerahan dua jabatan penting lainnya di jajaran TNI AD di Lantai Dasar Gedung E Mabes AD, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2020). (Dok. Dispenad)

MONITOR, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) tujuh jabatan dan menerima penyerahan dua jabatan penting lainnya di jajaran TNI AD di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar (Mabes) AD, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2020).

Kepala Dinas Penerangan AD (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, mengungkapkan bahwa tujuh jabatan penting di jajaran TNI AD yang diserahterimakan itu adalah jabatan Pangkostrad, Pangdam II/Sriwijaya (Swj), Pangdam VI/Mulawarman (Mlw), Pangdam Jaya, Gubernur Akmil, Asisten Personel Kasad dan Kadislitbangad, serta penyerahan dua jabatan lainnya yaitu jabatan Danpusterad dan Kapuskesad. 

“Jabatan Pangkostrad diserahterimakan dari Letjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Eko Margiyono, Pangdam II/Swj dari Mayjen TNI Irwan kepada Mayjen TNI Agus Suhardi, Pangdam VI/Mlw dari Mayjen TNI Subiyanto kepada Mayjen TNI Heri Wiranto,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR.CO, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Selanjutnya, Nefra menyampaikan, jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Sementara itu, jabatan Gubernur Akmil diserahterimakan dari Mayjen TNI Dudung Abdurachman kepada Brigjen TNI Totok Imam.

“Kemudian jabatan Asisten Personel Kasad turut pula diserahterimakan dari Mayjen TNI Heri Wiranto kepada Brigjen TNI Mulyo Aji, sedangkan jabatan Kadislitbangad diserahterimakan dari Brigjen TNI Mulyo Aji kepada Kolonel Inf Marjani,” ujarnya.

Nefra mengatakan, Kasad juga menerima penyerahan jabatan Danpusterad yang dijabat oleh Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan jabatan Kapuskesad Mayjen TNI Asrofi Sueb Surachman.

“Penyerahan jabatan kepada Kasad dilakukan sehubungan dengan kedua Perwira Tinggi tersebut telah memasuki purna tugas dalam kedinasan militer,” katanya.

Rangkaian acara sendiri dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan pejabat yang menyerahkan jabatan kepada Kasad di Videotron Mabesad.

Dilanjutkan dengan prosesi acara sertijab dan penyerahan jabatan, termasuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan resmi sertijab dan penyerahan jabatan, penyerahan Pataka, Pusara, Tongkat Komando serta penanggalan dan penyematan tanda jabatan dari pejabat lama kepada Kasad. Kemudian dilanjutkan penyerahan Pataka dari Kasad kepada pejabat baru.

Acara berikutnya, penandatanganan berita acara sertijab oleh Kasad disambung penandatanganan berita acara sertijab Persit KCK dan acara diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama dan ramah tamah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakasad,  Dankodiklatad, Irjenad, Koorsahli Kasad, para Asisten Kasad dan Kadispenad.