Sabtu, 20 April, 2024

BI Catat Peningkatan Cadangan Devisa Capai US$ 135,1 Miliar di Juli 2020

MONITOR, Jakarta – Cadangan devisa Indonesia pada Juli 2020 menembus rekor tertinggi. Bank Indonesia (BI) mencatat, cadangan devisa pada akhir Juli 2020 ada di posisi US$ 135,1 miliar. Posisi tersebut meningkat dibandingkan dengan akhir Juni 2020 yang sebesar US$131,7 miliar. 

Menurut Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko, cadangan devisa ini juga meningkat dari posisi US$ 131,7 miliar pada akhri Juni 2020 lalu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni peningkatan cadangan devisa Juli itu ditopang penerbitan global bond. Selain itu, peningkatan juga mendapatkan topangan dari penarikan pinjaman pemerintah. 

Ia mengatakan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2020 sebesar 135,1 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2020 sebesar 131,7 miliar dolar AS. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,0 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu, cadangan tersebut juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dalam negeri

- Advertisement -

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER