Jumat, 26 April, 2024

Fahri Optimis: Gara-gara Covid, Perdagangan Internasional Bakal Surut

MONITOR, Jakarta – Wabah pandemi tak selamanya memberikan dampak negatif di suatu negara. Politikus Gelora Indonesia Fahri Hamzah meyakini pandemi bisa mengubah sektor ekonomi menjadi bergerak dan dijadikan peluang.

Salah satu yang diyakini Fahri, yakni global trade atau perdagangan internasional akan surut. Disusul dengan adanya kenaikan ekonomi domestik.

“Saya ada optimisme lain bahwa gara-gara Covid ini, global trade akan surut, lalu ekonomi domestik yang naik. Nah itu bagiannya dan gilirannya Koperasi dan UKM Indonesia,” kata Fahri Hamzah penuh optimis, Kamis (6/8).

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini mengatakan, industri yang akan bergeser ke manufaktur dasar akan memberi kesempatan bagi Indonesia untuk mengatur peran yang lebih besar bagi Koperasi dan UKM Indonesia.

- Advertisement -

“Covid ini juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan, dari kota ke desa, dari barat ke timur, dari konglomerat ke UKM, dari keuangan ke sektor ril, transaksi digital tetap akan meningkat tapi terkait domestik dan produk sektoe riil, dan seterusnya,” terangnya.

Ia pun mendorong agar sektor koperasi dan UKM bisa mengambil peluang ditengah pandemi ini, dan menjadikannya bergerak maju.

“Ini semua bukan teori tapi peluang. Nah karena itu yang bisa menjadikannya kenyataan bukan orang mengkhayal tapi praktisi. Leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER