Jokowi Ingatkan Pilkada Serentak Jangan jadi Klaster Baru Covid-19

Presiden RI Joko Widodo (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menterinya pagi ini menggelar rapat terbatas mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu (5/8). Di masa pandemi ini, Jokowi menekankan agar pelaksanaan Pilkada tetap berjalan lancar dan aman.

“Pilkada 2020 harus semakin berkualitas dan juga aman Covid-19, sehingga aspek kesehatan, keselamatan petugas, peserta dan juga pemilih harus menjadi prioritas,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Selain itu, orang nomor wahid di Indonesia ini sangat berharap Pilkada tetap berjalan secara demokratis luber, jurdil. Pasalnya, ia sudah melihat beberapa negara juga telah menyelenggarakan pemilu di masa pandemi ini, baik pemilu lokal maupun pemilu nasional. Seperti di Singapura, Jerman, Perancis, dan Korea Selatan.

“Hal yang terpenting, Pemerintah harus bisa meyakinkan pemilih bahwa KPU sangat konsen terhadap kesehatan dan keselamatan dari Covid-19, sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman dan diharapkan tingkat partisipasi pemilih tetap pada kondisi yang baik,” kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi menekankan penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan di Pilkada, sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari Covid-19 yang kontraproduktif.