Dandim Subang: Senyum dari Warga Merupakan Kebahagiaan Bagi Kami

Dandim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono, saat meninjau pembukaan akses jalan baru di Kecamatan Serangpanjang, Subang, Jawa Barat. (Dok. Kodim 0605/Subang)

MONITOR, Jakarta – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605/Subang di Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, ditutup secara resmi oleh Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pada Rabu (29/7/2020) lalu.

Senyum bahagia terlontar dari warga atas hasil dari program TMMD ke-108 tersebut, salah satunya jalan baru sepanjang 8,5 kilometer dengan lebar 20 meter yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Serangpanjang dan Cipeundeuy.

Komandan Kodim (Dandim) 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono, mengungkapkan bahwa impian warga saat ini terwujud dengan dibukanya jalan penghubung dua kecamatan yang merupakan salah satu hasil karya TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang.

“Senyum dari warga merupakan kebahagiaan bagi kami yang merupakan salah satu wujud pengabdian TNI untuk negeri,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR.CO, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Edi menyampaikan, jalan baru tersebut kini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Menurut Edi, keberhasilan dan kesuksesan program TMMD tersebut merupakan bentuk dari kekompakan dan kerja sama semua lapisan elemen masyarakat bersama dengan TNI sebagai kunci keberhasilan program TMMD, sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target.

“Berkat dukungan dari semua pihak, program TMMD ini berjalan dengan baik dan tanpa ada rintangan yang berarti, sehingga kami bersama dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ini mampu melaksanakanya,” ujarnya.

Edi mengatakan, jalan tersebut saat ini menjadi jalur favorit warga sekitar. Tampak sejumlah warga yang melintas dengan menggunakan kendaraan, baik hanya sekadar mencoba saja maupun dengan keperluan yang lainnya. 

“Jalan baru ini sekarang sudah diakses warga baik yang hanya sekadar mencobanya saja, ada pula warga dari luar yang sengaja melintas untuk memangkas waktu perjalanan,” katanya.

Sementara untuk sasaran fisik lainnya, Edi mengungkapkan, TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang merenovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Talagasari, Kecamatan Serangpanjang. Menurut Edi, ada dua rumah yang menjadi sasaran pembangunan Rutilahu dalam program TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang TA 2020 ini.

Edi pun berharap, Program Rutilahu yang merupakan salah satu sasaran program TMMD ke-108 yang kini telah selesai dikerjakan sesuai dengan target, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

“Sehingga akan menjadikan para penghuni rumah merasakan manfaat kesehatannya. Baik kesehatan diri, berawal dari lingkungan yang bersih terlebih dahulu. Kalau rumahnya sehat, Insya Allah penghuninya juga sehat. Semoga juga bisa lebih meningkatkan ekonomi mereka,” ungkapnya.