Jumat, 29 Maret, 2024

Sambut HUT RI ke-75, Warga Depok Sulap Tas Banpres Jadi Bendera

MONITOR, Depok – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang, masyarakat mulai mempercantik lingkungan dengan kreativitas membuat atribut yang unik. Salah satunya, dilakukan oleh warga Kelurahan Bedahan yang membuat bendera sepanjang ratusan meter menggunakan tas Bantuan Presiden (Banpres).

Ketua RT 03/01 Kelurahan Bedahan, Sukarianto mengatakan, sudah sejak lama, dirinya ingin mempunyai bendera panjang. Kemudian, dirinya bercerita kepada istri tentang ide membuat bendera panjang menggunakan tas Banpres yang memiliki corak merah putih.

“Ternyata istri saya mendukung, langsung saya sampaikan kepada warga yang mendapatkan bantuan sosial tersebut,” katanya kepada wartawan, Selasa (04/08/2020).

Dijelaskannya, ide tersebut mendapat respon positif dari warga dengan sukarela mengantarkan tas Banpres dimiliki. Bahkan belakangan dari wilayah lain juga ada yang ikut mendukung. 

- Advertisement -

Untuk proses pembuatan bendera, dia mengaku dibantu oleh beberapa tetangga dalam proses pembongkaran tas. Kemudian, sambung Sukarianto, istrinya membantu menjahit tas menjadi bendera berukuran panjang.

“Saat ini sudah terpasang sepanjang 300 meter, nanti kalau sudah jadi kira-kira akan sepanjang 500 meter,” jelasnya.

Sukaryanto menerangkan, dirinya sempat ragu dalam membuat bendera tersebut. Namun, akhirnya diyakinkan oleh tokoh masyarakat (tomas) dan tokoh agama (toga) setempat.

“Saya juga sempat ragu karena ada beberapa tulisan dalam tas tersebut, sedangkan ada ketentuan yang mengatur tentang rupa bendera. Tetapi setelah berdiskusi dengan beberapa tomas dan toga, saya yakin melanjutkan ide saya,” terangnya.

Terpisah, Lurah Bedahan, Hasan menambahkan, pihaknya mengapresiasi warganya yang berkreasi dan berinovasi dalam memeriahkan kemerdekaan tahun ini. Terlebih, kata dia, yang dilakukan merupakan sesuatu yang unik dan sulit dijumpai di wilayah lain.

“Kami selaku aparatur pemerintahan sangat berterima kasih dan mendukung upaya warga dalam berkreasi dengan inovasi yang unik menyambut hari kemerdekaan di tahun ini secara mandiri,” pungkasnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER