PDIP Akan Umumkan Lagi 75 Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (tengah), usai menyerahkan daftar pengurus daerah ke KPU RI, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa pihaknya akan kembali mengumumkan 75 calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada Serentak Desember 2020 mendatang.

Namun kendati demikian, Hasto masih enggan menyebutkan secara detil nama atau daerah mana saja yang akan diumumkan tersebut. Yang jelas, publik masih menunggu nama calon kepala daerah yang akhirnya akan diusung PDIP untuk wilayah Kota Medan dan Surabaya.

Pada pengumuman sebelumnya, PDIP memastikan usungannya terhadap Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo, setelah berbulan-bulan penuh drama politik serta spekulasi. Namun, untuk pilwalkot Medan dimana menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, muncul dan Pilwalkot Surabaya dimana Tri Rismaharini sudah tak bisa maju lagi, PDIP belum memutuskan.

“Untuk yang selanjutnya, akan kami umumkan 75 pasangan calon sekaligus,” ungkap Hasto di sela-sela penyerahan berkas pengurus daerah PDIP ke KPU RI, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Soal waktu pengumuman, Hasto pun memberikan sebuah kode, yakni pengumuman akan dilaksanakan berdekatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang.

“(Pengumuman ini) sekaligus membangun spirit patriotisme nasionalisme dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Dalam waktu dekat kami akan umumkan,” ujarnya.

Menurut Hasto, politik itu memerlukan kalkulasi, semua harus diperhitungkan dengan matang. Maka dari itu, calon kepala daerah tak akan asal diumumkan.

Pada kesempatan itu, Hasto juga mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan pendaftaran secara serentak untuk calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020 dan rencananya akan dilaksanakan pada 4 September 2020 mendatang.

“PDI Perjuangan akan melakukan pendaftaran itu pada hari pertama secara serentak pada tanggal 4 September 2020, itu bertepatan dengan hari Jumat. Nanti setelah jumatan. Kami menyesuaikan waktu Indonesia timur, tengah dan barat,” katanya.

Hasto juga menyatakan kepercayaan diri pihaknya atas kemampuan para calon kepala daerah yang diusung partainya di Pilkada Serentak 2020 nanti. Sebab, semua nama dihasilkan berdasar proses yang sehat, penuh gagasan dan berbasis komitmen membangun masa depan yang lebih baik.

Menurut Hasto, kondisi itu didukung oleh PDIP yang didukung oleh akar rumput yang kuat di tingkat bawah, dengan strategi utamanya adalah gotong royong. 

“Kami punya akar kuat di grassroot, dan kami mempersiapkan calon kepala daerah kami dengan sebaiknya. Kami punya strategi gotong royong, strategi komunikasi baik dan sekolah calon kepala daerah,” ungkapnya. 

“Maka siapapun calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan, pasti akan siap berkontestasi secara sehat dan demokratis, melawan calon independen dan parpol lain,” ujar Hasto menambahkan.