Luhut Pandjaitan Dukung Banyuwangi jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia 2021

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menangani pandemi.

Bagi Luhut, penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional saling berkaitan. Apabila penanganan Covid-19 tidak bagus, maka ekonomi pun tidak bisa pulih dengan baik.

“Saya begitu mengapresiasi Pemkab Banyuwangi dan seluruh elemen yang kolaboratif dan kompak dalam penanganan pandemi Covid-19. Potensi destinasi wisata Kabupaten Banyuwangi ada di Taman Nasional Alas Purwo yang saya lihat begitu berpotensi jadi “quality tourism”,” kata Luhut, Selasa (4/8).

Di Banyuwangi, ada hamparan pantai lengkap dengan ombak terbaiknya yaitu Pantai Plengkung yang memiliki ketinggian ombak mencapai 6-8 meter dan panjang dua kilometer sehingga menjadi tujuan wajib para peselancar dari seluruh dunia.

Menurut Luhut, dengan beragam destinasi yang menarik, Kabupaten Banyuwangi layak didorong menjadi tuan rumah ajang Liga Selancar Dunia (WSL) pada tahun 2021 mendatang.

“Saya sampaikan dukungan saya dan meminta Kabupaten Banyuwangi segera bersiap menjadi tuan rumah Liga Selancar Dunia (WSL) tahun 2021 mendatang, dengan membangun infrastruktur penunjang seperti pembangunan dua Menara Juri untuk kebutuhan kompetisi terbaik ke-tiga di dunia setelah ajang balap Moto GP ini,” kata Luhut.