Bulan Vitamin A, Pemkot Depok Sasar 220.651 Balita

pemberian vitamin A kepada balita. (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat, salah satunya dengan pelaksanaan bulan vitamin A setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaan, sebanyak 220.651 balita usia 6 hingga 59 bulan di Kota Depok akan mendapat vitamin A.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, pemberian vitamin A kepada anak bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya.

Selain itu, kata dia, anak yang mendapatkan cukup vitamin A akan lebih kebal jika terkena diare, campak atau penyakit infeksi lainnya.

“Target Agustus ini yaitu 100 persen anak usia 6-59 bulan mendapat vitamin A untuk kekebalan tubuhnya,” katanya kepada kepada wartawan, Selasa (04/08/2020).

May menuturkan, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya ingin anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. Pemberian suplementasi vitamin adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga anak sehat.

Lebih lanjut, kata May, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab vitamin A ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

May menyebutkan, pemberian vitamin A dimulai anak usia enam bulan hingga dua tahun. Tentu dosisnya sudah tersesuaikan dengan usia anak.

Dikatakannya, untuk pemberian vitamin A bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU yang dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

“Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak,” terangnya.

Dirinya pun mengingatkan kepada seluruh kader Posyandu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat pemberian vitamin A. Mengingat, vitamin A diberikan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu di masa pandemi Covid-19.

“Pemberian vitamin A tetap berjalan, diingatkan untuk menjaga jarak dan tetap menggunakan masker saat datang ke Posyandu,” pungkasnya.