Meresahkan, Buaya Berukuran 3 Meter Berhasil Ditangkap Warga Depok

Buaya berhasil ditangkap oleh seorang warga (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Seekor buaya berukuran 3 meter ditangkap Suhadi (42) warga RT.04, RW.06, Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Kamis (30/07/2020).

Sebelum ditangkap, buaya tersebut terlihat bergerak seakan ingin menyerang dan memangsanya.

“Saat saya berada dipinggir kali, saya mihat buaya tersebut ingin menyerang saya. Terus saya menghindar,” kata Suhadi saat dikonfirmasi, Jumat (31/07/2020) pagi.

Karena takut membahayakan, kata Suhadi, dirinya memberitahukan ke keluarganya dan menangkap buaya tersebut.

“Saya kasih tahu keluarga. Kemudian secara bersama buayanya kami tangkap,” jelasnya.

Sobari ketua RT.04, RW.06, Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Kota Depok membenarkan peristiwa penangkapan itu. Ia mengatakan penangkapan terjadi pada Kamis (30/07/2020) sore, di Kali Pesanggrahan, wilayah Sawangan.

“Iya benar, buayanya ditangkap kamis sore di wilayah kami, di kali Pesanggrahan,” katanya.

Sobari menjelaskan saat ini buaya tersebut telah diserahkan ke Dinas Damkar Kota Depok.

“Buayanya sudah kami serahkan ke Damkar Depok,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok, Denny Rumolo menambahkan, pihaknya mengetahui informasi penangkapan buaya di wilayah Sawangan dari media sosial.

Mendapat informasi tersebut, Damkar langsung menerjunkan tim untuk mengecek langsung ke lokasi dan melakukan penelusuran di lapangan.

“Setelah kita melakukan crasing di lapangan hasilnya ternyata benar ada warga menemukan buaya di kali Pesanggrahan,” katanya.

Kata Denny, warga juga telah menyerahkan buaya tersebut ke Damkar, untuk merawat sementara sebelum diserahkan kepada pihak terkait.

“Buayanya sudah di serahkan ke kami (Damkar). Nanti akan kami koordinasikan dengan pihak terkait mengenai keberadaan buaya tersebut,” jelasnya.

Karena itu, Denny mengimbau kepada masyarakat sekitar di lokasi penemuan buaya agar tidak panik dan tetap waspada.

“Untuk warga Sawangan khususnya agar tenang, kami Damkar penanggulangan bencana di kota Depok sangat responsif terhadap kejadian yang dialami masyarakat,” pungkasnya.