Kamis, 28 Maret, 2024

Ini Makna Hari Raya Idul Adha di Mata Wali Kota Depok

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, esensi Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah adalah perpaduan penghambaan dan kepedulian kepada sesama.

Menurutnya, untuk memaknai dua hal itu, dilakukan dengan cara menyembelih kurban, sebagai bantuan terhadap orang-orang yang membutuhkan.

Dijelaskannya, ibadah yang paling utama saat Idul Adha yaitu menyembelih kurban. Hal ini juga sesuai dengan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, sebagai wujud ketakwaannya pada Allah SWT.

“Allah SWT kembali menjelaskan koneksi kuat antara penghambaan diri kepada-Nya dan kepedulian sesama sebagai rahasia kesuksesan dan kemenangan dalam hidup serta kehidupan,” jelasnya seusai Salat Idul Adha di Masjid Al Ihsan, Komplek Paspamres RW 08, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Jumat (31/07/2020).

- Advertisement -

Idris menerangkan, dalam surah Ash Shaffat Ayat 100-111, Allah SWT menggambarkan kejujuran Nabi Ibrahim dalam melaksanakan ibadah kurban ke dalam dua indikator. Pertama, Al Istijabah Al Fauriyah yaitu kesigapan dan patuh pada perintah Allah SWT.

Kedua adalah Shidqul Istislam yaitu kejujuran dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Dikatakannya, disitulah hakikat kehambaan benar-benar nampak, bahwa sang hamba tidak ada pilihan kecuali patuh secara tulus kepada Tuhannya.

“Suatu teladan kehambaan yang harus ditiru setiap orang beriman, yang berjuang menuju derajat kehambaan. Untuk itu, setiap hari raya Iduladha mari kita kobarkan semangat kehambaan total kepada Allah SWT,” ujarnya

Lebih lanjut, Idris mengatakan, pada peringatan Idul Adha tahun ini, dirinya bersama keluarga berkurban sekitar 50 ekor sapi. Puluhan hewan kurban ini tersebar di 11 kecamatan.

“Seluruh hewan kurban ini saya niatkan atas nama Wali Kota dan warga Kota Depok,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER