Cegah Penyebaran Virus Corona, Golkar: Gugus Covid-19 Rt/Rw Harus Aktif

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar

MONITOR, Jakarta – Kasus Covid-19 di Ibukota masih tinggi. Bahkan per harinya bisa mencapai ratusan kasus. Melihat hal ini Partai Golkar Jakarta, menyampaikan rasa prihatinnya. Bahkan Partai Golkar pun ikut menyarankan, agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengaktifkan keberadaan gugus penanganan Covid-19 di tingkat Rt/Rw di seluruh wilayah di Jakarta.

“Saya kira, keberadaan gugus penanganan Covid-19 di tingkat Rt/Rw di seluruh wilayah di Jakarta memang harus aktif untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Ahmed Zaki Iskadar, di sela-sela pembagian daging qurban di Kantor Golkar Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Menurut Zaki, peran gugus Covid-19 Rt/Rw ini sangat penting. Sebab keberadaan Rt/Rw yang paling paham dengan kondisi masyarakat disekitarnya.

“Jadi penanganan Covid – 19 ini, memang harus memberdayakan peran masyarakat langsung tidak hanya dilakukan ditingkat elit,” terangnya.

Menyingung soal anggaran gugus Rw/Rt dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, Zaki mengatakan anggaran bisa dibantu oleh lurah dan camat dimasing-masing wilayahnya.

“Sekali lagi, semua elemen masyarakat memang harus digerakan dalam mengatasi Covid-19. Ketika elemen maayarakat sudah bergerak penindakan terhadap pelanggar protokol pun bisa berlangsung humanis dan controlnya pun akan lebih baik,” terangnya.

Seperti dikatehui, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani memaparkan, berdasarkan data terkini, Kamis (30/7), Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melakukan tes PCR sebanyak 6.874 spesimen.

“Dari 5.573 di antaranya untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 299 positif dan 5.274 negatif. Untuk jumlah orang dites sepekan terakhir sebanyak 43.316. Sedangkan, untuk jumlah tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 36.951,” terangnya.