Sabtu, 20 April, 2024

Pemkot Depok Dorong para Orang Tua Kembangkan Karakter Anak

MONITOR, Depok – Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengajak orang tua agar secara reguler mengadakan program pengembangan karakter bagi anak. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkuat ketahanan keluarga. 

“Karakter bermula dari kebiasaan anak di usia dini. Karena itu jangan sepelekan kebiasaan buruk anak di usia dini,” kata Nessi seusai mengisi pengajian virtual bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Depok, Kamis (30/07/2020).

Dirinya juga mengajak para orang tua menuliskan jurnal harian. Hal tersebut, untuk mencatat perkembangan perilaku khususnya perkembangan mental dan spiritual buah hatinya.

“Program penanaman karakter bisa dilakukan melalui metode dongeng atau hal menarik lainnya,” tambahnya.

- Advertisement -

Dirinya menyampaikan, terdapat empat tantangan menjadi keluarga yang berketahanan. Yaitu aspek spiritual, fisik, sosial, dan psikologis.

“Misalnya di aspek psikologis, tantangannya adalah minimnya interaksi antarkeluarga. Ini pentingnya family time, sehingga secara psikologis anggota keluarga mampu membangun emosi untuk menghasilkan konsep diri yang positif,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER