Denny Siregar Minta Mendikbud Hentikan Metode Belajar di Rumah

Penggiat media sosial Denny Siregar (dok: medcom)

MONITOR, Jakarta – Pengamat media Denny Siregar menilai metode pembelajaran di rumah secara online membuat perubahan pada perilaku anak. Ia menilai pola pembelajaran seperti ini akan membuat anak lebih ekslusif dan kurang bersosialisasi.

Untuk mengantisipasi kondisi ini, Denny meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim untuk menghentikan metode pembelajaran jarak jauh di rumah.

“Sudahilah pembelajaran di rumah ini mas Nadiem Makarim. Belajar bukan hanya tentang keilmuan, tetapi juga sosialisasi,” ujar Denny Siregar dalam keterangannya di Twitter, Senin (27/7).

Ia mengingatkan, jangan sampai anak menjadi suka menyendiri karena lama mengenyam pendidikan di rumah. Sementara mereka tidak mendapatkan ruang cukup untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Namun ia memberikan catatan, apabila sekolah dibuka kembali maka harus diperketat protokol kesehatan di lingkungan siswa belajar.

“Jangan sampai anak kita pintar, tapi jadi suka menyendiri, yang penting ketatkan protokol kesehatan dan jaga dengan tangan besi. Kami semua bosan dengan situasi ini,” pungkasnya.