Jumat, 26 April, 2024

Anies Keluarkan Edaran, Pemotongan Hewan Qurban Hanya Dihadiri Panitia

MONITOR, Jakarta – Suasana pemotongan hewan qurban di hari Raya Idul Adha tahun ini dipastikan bakal berbeda. Biasanya, masyarakat bisa ikut menyaksikan proses pemotongan hewan qurban. Akan tetapi, di tahun ini, pemotongan hewan qurban cukup disaksikan oleh panitia qurban saja.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau kepada masyarakat agar pemotongan hewan qurban bukan saja mengikuti syariat Islam, tapi juga harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ada beberapa pesan Gubernur Anies terkait pemotongan hewan qurban di tengah pandemi corona. Pertama, pemotongan hewan hanya dihadiri oleh panitia qurban yang jumlahnya dibatasi. Hal itu lakukan untuk menghindari adanya kerumunan apalagi kepadatan orang.

“Sebisa mungkin jangan sampai ada kerumunan apalagi padat, apalagi tidak jaga jarak. Jadi harus jaga jarak, harus kurangi jumlah orang yang berada di lokasi,” kata Anies melalui Youtube resmi Pemprov DKI, Senin (27/7).

- Advertisement -

Kedua masyarakat yang membeli hewan qurban pada Lebaran Idul Adha 1441 Hijriah ini supaya tidak menghadiri langsung ke lokasi prosesi pemotongan.

“Kita percayakan kepada panitia untuk melakukan pemotongan hewan qurban sampai pendistribusian hewan kurbannya atau daging qurbannya. Insya Allah mereka bisa amanah,” pesan Anies.

Kemudian jaga masyarakat untuk tidak hadir saat pemotongan yang memiliki resiko tinggi penularan antara lain anak-anak di bawah usia 9 tahun dan orang tua atau lansia yang mempunyai penyakit bawaan.

“Mari saling mengingatkan sehingga tidak meluas dan wabah dan tidak membuat orang-orang berisiko terpapar,” papar dia.

Terakhir, secara khusus Anies meminta kepada para panitia penyelenggara Idul Adha agar daging qurban dapat disalurkan secara langsung kepada orang-orang yang berhak menerima daging kurban atau mustahik.

“Kami juga mengajak kepada umat Islam di Jakarta khususnya untuk memanfaatkan teknologi digital di dalam kegiatan jual beli hewan qurban,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER