Jumat, 29 Maret, 2024

Konsumsi Listrik Warga Jakarta Tinggi, Anies Minta PLN Lakukan Terobosan

MONITOR, Jakarta – Kebutuhan listrik bagi warga Jakarta ternyata sangat tinggi bila dibanding daerah lain. Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pihak PLN mencari solusi ataupun teroboasan agar warganya bisa melakukan penghematan.

“Kami kira perlu dipikirkan sebuah terobosan oleh PLN agar warga Jakarta bisa berhemat. Mungkin caranya bisa memanfaatkan atap rumah sebagai panel surya,” ujar Anies Baswedan dalam rapat virtual bersama jajaran dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, Kamis (23/7).

Anies pun mengatakan konsumsi listrik Jabodetabek khususnya Jakarta sangat tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Menurutnya, PLN harus dapat mencari solusi dan terobosan untuk menghemat konsumsi listrik masyakarat di ibu kota.

“Sebenarnya banyak gagasan, pemanfaatan atap rumah untuk persewaan panel. Jadi pihak ketiga yang memasang panel. Nanti, rumah tangga yang menyewakan atapnya,” kata Anies.

- Advertisement -

Sementara jika kalangan rumah tangga menyiapkan solar, kata Anies, belum tentu semuanya mampu. Tak hanya itu, selama penerapan Work From Home (WFH), konsumsi terhadap pulsa internet dan listrik melonjak tajam, apalagi bagi rumah susun yang tidak bisa mendapatkan subsidi.

“Sebenarnya, kalau kita mau mengamankan kota ini, yang pertama penuhi kebutuhan pangannya, yang kedua mau tidak mau kebutuhan energi. Nanti kita pikirkan bagaimana agar implikasi di masyarakat ini baik,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER