Kemensos Tempati Posisi Ketiga Kementerian Tanggap Pandemi Versi Charta Politika

Ilustrasi Gedung Kemensos (dokr: Bisnis.com)

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menyebutkan bahwa dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) berada diurutan ketiga sebagai kementerian/lembaga dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Kemensos berada di posisi ketiga dengan raihan 17,2% dari 2000 orang responden,” kata Yunarto dalam pemaparan hasil survei, yang dimuat Kamis (23/7).

Dalam survei, kata dia, pihaknya menanyakan kepada responden soal persepsi tentang kementerian atau lembaga tinggi negara manakah yang paling aktif atau berperan besar bagi masyarakat dalam masa pendemi Covid-19 ini.

Responden bebas menyebut kementerian atau lembaga yang dinilainya sangat aktif di masa pandemi ini. ‎

“Hasilnya, Kemensos masuk di 3 besar setelah BNPB 17,2% dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 33,1%,” papar dia.

‎Kemensos masuk dalam 3 besar yang diingat publik dalam hal ini responden, imbuh Yunarto, karena sesuai hasil survei ini menunjukkan bahwa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid)-19 membuat mayoritas masyarakat yakni 83,4% pemasukan atau pendapatannya berkurang.

Untuk mengatasinya, pemerintah pun memberikan bantuan sosial (bansos), salah satunya melalui Kemensos mulai dari sembako, uang tunai, masker, alat pelindung diri (APD), dan berbagai bantuan lainnya.

“Sebanyak 44,5% responden menyatakan pernah menerima bantuan yang berkaitan dengan Covid-19. Mayoritas bantuan yang diterima adalah berupa sembako (48,3%) dan ua‎ng tunai (37,3%),” pungkasnya.

Untuk diketahui, survei yang digelar pada 6-12 Juli 2020 melalui wawancara telepon dan melibatkan 2000 responden. Metode survei adalah simple random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di Pemilu.