Jumat, 26 April, 2024

Charta Politika Sebut Kemensos Paling Tanggap Hadapi Pandemi

MONITOR, Jakarta – Survei Charta Politika menempatkan Kementerian Sosial (Kemensos) di bawah kepemimpinan Juliari Batubara menjadi kementerian yang sigap dan tanggap dalam menghadapi pandemi Covid19.

Kemensos dinilai melakukan aksi kerja nyata menghadapi pandemi Covid-19 dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak dari wabah ini setelah adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Banyak responden penerima BST dari Kemensos terbantu. BST diakui memperpanjang nafas perekonomian dan berangsur memperbaiki kondisi perekonomian rumah tangga yang terkena dampak covid-19,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil surveinya, Rabu (22/7).

Survei yang dilakukan pad 6-12 Juli 2020 itu, Yunarto menyebutkan, dalam teknis penyaluran BTS, Kemensos melakukannya dengan baik. Bahkan, kata dia, pucuk pimpinan Kemensos Juliari Batubara ikut turun untuk membantu dan memantau penyaluran secara langsung di lapangan.

- Advertisement -

Selain itu, dalam survei ini juga Kemensos menjadi salah satu kementerian yang dinilai paling aktif oleh responden. Kemensos berada di urutan ketiga dengan dukungan 17,2 persen.

Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masing berada di urutan pertama dan kedua dengan dukungan 33.1 persen dan 21,8 persen.

“Lembaga tinggi negara atau kementerian yang paling aktif nomor 1 Kemenkes tentu saja, ini terkait dengan wabah ini krisis ekonomi. Ini pandemi musibah kesehatan,” pungkas Yunarto.

Untuk diketahui, survei yang digelar pada 6-12 Juli 2020 melalui wawancara telepon dan melibatkan 2000 responden. Metode survei adalah simple random sampling dengan margin of error 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Kriteria responden minimal 17 tahun atau memenuhi syarat menjadi pemilih di pemilu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER