Kamis, 25 April, 2024

Tanya Menkes, Demokrat: Berapa Total Ventilator RS yang Dibeli Pemerintah?

MONITOR, Jakarta – Politikus Demokrat Jansen Sitindaon mempertanyakan jumlah ventilator di rumah sakit rujukan yang sudah dibeli pemerintah saat ini. Mengingat, ventilator adalah fasilitas yang penting karena bisa membantu pasien bertahan hidup sampai paru-parunya lebih baik.

“Setelah corona ini berjalan 4 bulan lebih dan anggarannya telah kita setujui di Perppu, sudah berapa banyak sekarang ventilator yang ada di rumah sakit di Indonesia, khususnya di RS rujukan Corona? Totalnya ada berapa dan sebarannya di tiap propinsi?” tanya Jansen Sitindaon.

Jansen menilai, dalam situasi terkini dimana kasus positif corona terus bertambah, alat ventilator harus diperbanyak karena bisa membuat banyak nyawa selamat dan menekan angka kematian.

“Saya berharap pertanyaan ini dijawab dr.Terawan dan jajaran Kemenkes RI. Pihak Gugus Tugas BNPB juga bisa menjawabnya di sela-sela konpers yang dilakukan tiap hari. Selain untuk menangani Corona, kedepan ventilator-ventilator ini juga bisa dipakai di ICU rumah sakit-rumah sakit kita,” ujar Wasekjen DPP Demokrat ini.

- Advertisement -

“Sekali lagi kami sampaikan, sebagai rakyat Indonesia dan partai yang ikut setujui anggaran Covid, kami Partai Demokrat bertanya: sudah berapa banyak tambahan ventilator ini yang dibeli pemerintah? Sekaligus jumlahnya ditiap Propinsi,” tandasnya lagi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER