TelkomGroup Mudahkan Konsultasi Kesehatan Online dengan Telemedika

MONITOR, Jakarta – Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan proses pada banyak lapisan lini bisnis di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika sebelumnya kegiatan bisnis dapat dilakukan dengan tanpa batas hingga ke seluruh dunia, kini setiap perusahaan di berbagai jenis industri harus mengatur strategi agar kegiatan operasional tetap berjalan dalam keterbatasan. Salah satu solusinya adalah dengan beralih ke bermacam solusi digital untuk menyiasati keterbatasan tersebut.

Industri kesehatan menjadi salah satu industri yang harus cepat beradaptasi dengan kondisi pandemi ini, sebab industri kesehatan menopang pertahanan negara untuk mengalahkan virus yang telah masuk ke Indonesia sejak bulan Maret 2020.

Akan tetapi, jika berbicara mengenai fasilitas kesehatan yang ada, seakan menjadi dua sisi koin yang berbeda. Di satu sisi, fasilitas kesehatan menjadi penopang namun di sisi lain dapat menjadi area beresiko tinggi untuk memaparkan virus Covid-19 baik kepada petugas medis maupun kepada masyarakat.

Telkom Group melalui anak usahanya AdMedika, mengembangkan solusi yang memudahkan pasien untuk melakukan konsultasi dokter secara online melalui solusi Telemedika. Solusi ini diperuntukkan bagi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit maupun klinik untuk memberikan layanan konsultasi kepada pasien tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan dokter. 

“Seperti yang kita ketahui, masa pandemi ini membawa dampak perubahan pada perilaku customer, termasuk pada sektor layanan kesehatan. Digitalisasi merupakan suatu keniscayaan, rumah sakit atau klinik sudah harus melakukan perubahan dengan melayani pasien melalui teknologi digital, sehingga layanan konsultasi dan pengantaran obat dapat dilakukan secara online, dan masyarakat tidak perlu datang ke rumah sakit atau klinik. Telemedika merupakan solusi yang tidak hanya digunakan pada saat menghadapi pandemic Covid-19, tetapi dapat berlanjut bahkan setelah masa pandemi berakhir,” kata Direktur Utama AdMedika Jati Widagdo.

Solusi Telemedika merupakan platform telekonsultasi yang di tujukan untuk kegiatan konsultasi kesehatan antara pasien dan dokter spesialis, termasuk psikolog rumah sakit, dengan menggunakan teknologi chat dan video call.

Solusi ini memberikan berbagai kemudahan bagi fasilitas kesehatan, dokter praktek, serta pasien. Fasilitas kesehatan sebagai penyedia layanan tidak harus menyediakan ruang untuk konsultasi, dokter praktek dapat menjalankan profesinya, dan pasien dapat terpenuhi kebutuhan akan kesehatan yang prima, dengan akses dari mana saja dan kapan saja, tanpa terhalang adanya keterbatasan sesi perjumpaan fisik.

Terdapat dua paket yang dapat dipilih dari solusi ini, yaitu Paket General dan Paket Premium.Paket General memberikan fitur konsultasi melalui video call umeetme.id, catatan diagnosa dan resep, serta sistem pembayaran melalui transfer.Paket ini sangat tepat bagi fasilitas kesehatan yang telah memiliki website dan ingin terintegrasi melalui web app tanpa harus melakukan instalasi.

Sedangkan Paket Premium menyediakan fitur yang lebih lengkap, yaitu konsultasi melalui chat dan video call umeetme.id, sistem pembayaran melalui virtual payment gateway, pengiriman obat, terkoneksi dengan penjamin kesehatan (BPJS atau Asuransi), dilengkapi dengan fitur face recognition, serta yang lebih menarik adalah paket ini dapat dibuat secara white label.

“Kami senantiasa berupaya menghadirkan inovasi-inovasi baru di berbagai sektor dan industri yang diharapkan tidak hanya menginspirasi namun juga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. Di sisi lain, kami juga terus memberikan dukungan bagi para pelaku usaha sehingga mampu mempertahankan bisnis di tengah kondisi yang kurang menguntungkan seperti sekarang ini,” tegas Direktur Enterprise Business Service (EBIS) Telkom Edi Witjara.