Sabtu, 20 April, 2024

Partai Gelora: Ambang Batas Parlemen 4 Persen Paling Rasional

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia, Anis Matta tidak setuju jika ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) dinaikkan dari saat ini 4 persen.

Ia berpandangan, ambang batas parlemen sebesar 4 persen untuk mamaksimalkan tingkat partisipasi dan mencegah hilangnya suara rakyat.

“Menurut saya dalam peta sosiologis di Indonesia, 4 persen adalah angka paling rasional meningkatkan partisipasi seluruh elemen bangsa,” kata Anis dalam acara Gelora Digifest 2020 secara virtual, Jakarta, Minggu (19/7).

Mantan Presiden PKS ini mencontohkan, jika ambang batas parlemen di atas 4 persen dan diikuti 15 partai, tetapi yang lolos hanya lima partai, maka suara pemilih di 10 partai, akan terbuang.

- Advertisement -

“Kalau digabung itu jumlahnya sangat besar, tapi harus dikasih ke partai-partai yang lolos. Berarti ada suara yang sebenarnya menjadi sia-sia,” ujarnya.

Untuk diketahui, DPR sedang membahas RUU Pemilu, di mana salah satu poin yang dibahas yaitu ambang batas parlemen diusulnya naik dari 4 persen.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER