Jumat, 3 Mei, 2024

Pakar: Peran Perempuan Perlu Ditingkatkan di Sektor Kelautan dan Perikanan

MONITOR, Jakarta – Pakar Kemaritiman yang juga koordinator Penasehat Menteri kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri mengatakan kaum perempuan di sektor kelautan dan perikanan masih banyak yang berada dalam kondisi miskin dan ikut mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia.

Karena itu harus ditingkatkan lagi kondisi pendidikan, kesehatan dan ekonomi kaum perempuan. Menurut Rokhmin saat ini hanya 7 persen kaum perempuan bekerja di sektor tersebut. sedangkan kaum pria masiih mendominasi.

“Kaum menegaskan perempuan punya peran penting dalam mendukung ekonomi keluarga dan Indonesia, terutama di sektor kelautan dan perikanan. Jadi peran penting kaum perempuan saya rasakan dari ibu saya sendiri yang mendukung ekonomi keluarga membantu ayah saya yang nelayan,” jelas Guru Besar Fakultas Perikanan IPB University itu dalam webinar bertajuk Pemberdayaan Perempuan Sektor Kelautan dan Perikanan pada Masa Pandemi yang dilaksanakan oleh KOWANI, Jumat (17/7).

Menurutnya, dalam pemberdayaan perempuan di sektor kelautan dan perikanan, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, pentingnya perbaikan gizi dan kesehatan. Kedua, peningkatan kapasitas literasi kaum perempuan dengan peningkatan bidang pendidikan. Ketiga peningkatan kapasitas manajemen kelurga dan rumah tangga,

Keempat, peningkatan kapasitas kesadaran dan manajemen. Kelima, peningkatan kapasitas bisnis usaha di sektor kelautan dan dan perikanan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER