Sabtu, 20 April, 2024

Mentan Syahrul Ajak Masyarakat Manfaatkan Pendekatan Online System

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh masyarakat dan insan pertanian terus menggunakan pendekatan digital sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan produksi pertanian. Menurut dia, pendekatan online sistem adalah sebuah keharusan, terutama pada saat memasuki era new normal.

“Dulu untuk bisa mengetahui informasi-informasi di daerah perlu berhari-hari. Namun sekarang kita sudah mempunya fasilitasnya,” kata Mentan saat menggelar Koordinasi Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian dengan Dinas Provinsi Tanaman Pangan dan Hortikultura se-Indonesia di Jakarta, Jumat, 17 Juli 2020.

Mentan mengatakan, online sistem dapat dimanfaatkan untuk memperoleh ilmu mengembangkan tanaman hortikultura yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, Mentan meminta setiap daerah harus sudah siap dengan oline sistem dan juga fasilitas yang ada.

“Saya meminta jajaran Hortikultura turun langsung membantu masyarakat supaya sejahtera, kita harus berkontribusi secara vertikal dan horizontal. Ajarkan masyarakat bagaimana cara membudidayakan tanaman mahal,” katanya.

- Advertisement -

Mentan menambahkan bahwa subsektor Hortikultura adalah salah satu subsektor pertanian yang memiliki banyak kelebihan. Hortikukultura, kata Mentan punya buah tropis, sayuran tropis, dan tanaman tropis yang tidak dimiliki oleh semua negara.

Perlu diketahui, buah-buahan dan sayuran asal Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini dibuktikan dengan konsistensi perkembangan ekspor pertanian yang terus diperlihatkan secara bulanan.

“Ini adalah era yang penuh dengan berkah dan sayang sangat bahagia apabila setiap daerah bisa menerapkannya. Tunggu saya di daerah kalian karena saya selalu turun kelapangan untuk mengecek,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER