PDIP, Gerindra dan Demokrat DKI Bentuk Koalisi Sepeda Untuk Jakarta, untuk Pilkada?

Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta M Taufik (dok: Asep Saefuddin)

MONITOR, Jakarta – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta masih jauh, namun tiga partai besar di Jakarta yakni PDIP, Gerindra dan Demokrat berencana membentuk Koalisi Sepeda Untuk Jakarta.

Pembentukan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini rencananya diawali dengan kegiatan goes sepeda bareng oleh pimpinan ketiga partai politik (parpol) tersebut, di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Minggu (12/7).

Tanggapan masyarakat pun muncul terkait pembentukan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini. Tak sedikit yang beranggapan kalau Koalisi Sepeda Untuk Jakarta yang digagas PDIP, Gerindra dan Demokrat ini mengarah ke koalisi persiapan menuju Pilkada Jakarta 2022 mendatang.

“Sepertinya arahnya Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini memang arahnya kesana (koalisi untuk Pilkada Jakarta) hanya saja dikemas atau dibungkus dengan kegiatan sepeda bareng,” ujar salah seorang Ketua Fraksi di DPRD DKI Jakarta, yang minta namanya dirahasiakan.

Menurutnya, sangat wajar kalau ada pandangan pembentukan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta yang digagas PDIP, Gerindra dan Demokrat ini mengarah ke persiapan Pilkada Jakarta.

“Apalagi yang membentuk Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini partai politik. Jadi sangat wajar kalau ada masyarakat yang menilai ada agenda politik dari pembentukan koalisi tersebut,” terangnya.

Lantas apa benar Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini, dibentuk untuk persiapan Jakarta?

Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta, M. Taufik, berkilah kalau pembentukan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta yang digagasnya tersebut merupakan agenda politik untuk Pilkada Jakarta.

“Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini kami bentuk tujuannya hanya untuk kesehatan saja. Kami ingin membuktikan bahwa kami partai politik juga peduli dengan kesehatan. Dan kami siap mempelopori kesehatan untuk warga Jakarta dengan memulai bersepeda bareng,” ujar Taufik saat di konfirmasi, Sabtu (11/7).

Namun demikian dikatakan Taufik, pihaknya tidak mempersoalkan kalau ada masyarakat yang mengkait-kaitkan pembentukan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini dengan persiapan menuju Pilkada Jakarta.

“Sah-sah saja kalau ada yang mengkait-kaitkan Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini dengan agenda politik Pilkada Jakarta. Tapi seperti yang saya bilang tadi, Koalisi Sepeda Untuk Jakarta ini dibentuk hanya untuk jadi pelopor kesehatan saja,”pungkasnya.

Dari informasi yang diperoleh MONITOR, goes sepeda bareng yang akan dilakukan oleh Gerindra, PDIP dan Demokrat dihadiri, akan Ketua DPD Partai Gerindra M Taufik, Ketua DPD PDIP Jakarta Ady Wijaya dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Desie Christhyana Sari.