Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Jangan Anggap Remeh Wabah Corona

Presiden RI Joko Widodo/ dok: Instagram

MONITOR, Jakarta – Kasus corona di sejumlah daerah Indonesia sudah mengalami penurunan. Meski demikian, Presiden Joko Widodo meminta agar pemerintah daerah tidak meremahkan pandemi ini.

Jokowi mengingatkan, penyebaran Covid-19 di seluruh Tanah Air ini sangat tergantung kepada upaya pemerintah daerah dalam mengendalikannya.

“Saya meminta daerah tidak terlena dengan angka positif Covid-19 yang rendah di daerahnya dan tidak menganggap enteng pandemi ini,” kata Jokowi.

Misalnya di Provinsi Kalimantan Tengah yang belum lama ini dikunjungi, Jokowi mengatakan kasus positif Covid-19 mencapai 1.093 orang, dalam perawatan sebanyak 393 orang, sembuh sebanyak 634 orang, dan meninggal 66 orang.

“Kalau angka yang masih kecil ini tidak dikendalikan dengan baik, hati-hati angkanya bisa bertambah banyak,” imbuh Jokowi.

“Jadi, sekali lagi, di era pandemi ini, mengendalikan dua hal — kesehatan dan ekonomi — sangatlah penting. Kesehatan tetap harus menjadi prioritas, meski perekonomian juga harus tetap bisa berjalan,” tegasnya.