Politikus PKB Sebut Reshuffle Penting untuk Perbaiki Kinerja Pemerintah

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Wacana perombakan kabinet dinilai penting untuk perbaikan kinerja pemerintahan. Ketua DPP PKB Yaqut Cholil Qoumas menilai, munculnya isu reshuffle pertanda Presiden Joko Widodo masih memegang kendali negara ini.

“Reshuffle ini penting, untuk perbaikan kinerja. Dengan munculnya wacana ini, artinya Presiden masih memegang kendali negara,” ujar politikus yang biasa disapa Gus Yaqut ini, dalam sebuah diskusi webinar belum lama ini.

Bahkan ia menilai Presiden sengaja melakukan ‘cek ombak’ kepada para menteri dan rakyat agar kinerja pemerintahan berjalan lebih optimal.

“Presiden saya kira sedang cek ombak kepada rakyat, apakah ini (reshuffle) berhasil? nah saya kira ini berhasil,” tukas Ketua Umum GP Ansor ini.

Sebagaimana diketahui, isu reshuffle ini pertama kali muncul dari pernyatan Presiden Joko Widodo pada Sidang Paripurna Kabinet yang digelar 18 Juni 2020 lalu.

Dalam sidang tersebut, Presiden tampak tidak puas dengan kinerja para pembantunya. Orang nomor wahid itupun mengancam akan melakukan perombakan kabinet hingga membubarkan lembaga.