55 Tahun Telkom Selalu Ada untuk Indonesia

Hari Jadi Telkom Indonesia ke-55

MONITOR – Tepat pada hari ini, Senin 6 Juli 2020 perusahaan milik negara sektor jaringan telekomunikasi yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk alias Telkom menginjak usia 55 tahun. Seperti perayaan hari jadi perusahaan pada umumnya, tentu saja Telkom memiliki harapan, dan harapan itu terukir pada tagar #SelaluAda #UntukIndonesia.

Ya, didirikan sejak 1965, Telkom Indonesia telah dikenal sebagai perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.

Telkom merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang 52,09% sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan 47,91% dimiliki oleh publik. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, seperti PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), Telkom Akses, Telkom Metra, dsb.

Tak pernah luput dari sejarahnya, Telkom telah melalui berbagai dinamika bisnis dan melewati beberapa fase perubahan, yakni kemunculan telepon, perubahan organisasi jawatan yang merupakan kelahiran Telkom, tumbuhnya teknologi seluler, berkembangnya era digital, ekspansi bisnis internasional, serta transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis digital.

Terus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi dengan terus menghadirkan Inovasi yang terus berkembang adalah solusi Telkom, disetiap permasalahan yang sedang dihadapi, hingga saat ini, Telkom senantiasa bergerak maju membangun negeri baik dari kota maupun ke pelosok negeri dengan tujuan agar seluruh Indonesia merasakan dan mendapatkan akses telekomunikasi merata.

Pencapaian-pencapaian Telkom yang tak terbatas hingga penghargaan yang selalu diperoleh. Bahkan baru-baru ini Telkom dinobatkan sebagai brand paling bernilai di Indonesia.

Sebagai wujud komitmen dalam berinovasi dan terus meningkatkan nilai perusahaan dan merek PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam peringkat 100 Most Valuable Brand 2020 atau perusahaan paling bernilai di Indonesia yang dirilis Brand Finance bekerjasama dengan Majalah SWA pada awal Juni 2020.

Dengan demikian, ini menjadi ke enam kalinya Telkom meraih pencapaian yang gemilang sekaligus mengungguli merek-merek top Indonesia lainnya sejak tahun 2015.

Sejak PT Telkom Indonesia berhasil membukukan laba bersih perseroan sepanjang 2019 mencapai Rp135,57 triliun. Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, pencapaian perseroan sepanjang 2019 menunjukkan kinerja perseroan berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company dan berkomitmen memperkuat kapabilitas bisnis digital.

Digital Business Telkomsel dan IndiHome juga tumbuh signifikan dan menjadi kontributor utama pertumbuhan perseroan. Terlebih, bisnis digital Telkom saat ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi, yakni hampir 30 persen.

Telkom semakin gencar melakukan pembangunan infrastruktur dan platform digital untuk mewujudkan bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing sekaligus mendorong kesuksesan lima Prioritas Presiden dan Agenda Digital Pemerintah. Tidak hanya itu, pembangunan juga dilakukan untuk mewujudkan visi Telkom yang ingin menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.

Seiring dengan kebutuhan layanan broadband yang terus meningkat, baik pada segmen konsumen maupun korporasi, Telkom menghadirkan solusi-solusi Information and Communication Technology (ICT) dalam tiga perspektif domain bisnis digital, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital service.

Diperjalanan kesuksesannya yang tak singkat dan penuh tantangan, tidak hanya prestasi dan inovasi yang membanggakan. Telkom juga hadir dan peduli dengan menghadirkan program-program di masa pandemi corona yang datang bak petir di siang bolong, membuat dunia usaha di Tanah Air terguncang. Aktifitas berbagai sektor baik manufaktur, perdagangan, transportasi, dan akomodasi seperti restoran dan perhotelan menjadi sangat rentan.

Bahkan di masa New Normal sekarang ini, PT Telkom siap mendukung pelaku usaha di sektor Tourism dan Hospitality untuk bangkit melawan pandemi Covid-19. Telkom juga ikut membantu Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Hal itu ditunjukkan Telkom melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) mengadakan aksi peduli dan saling berbagi secara serentak dari Sabang hingga Merauke.

Telkom sejak 2010 telah membentuk Divisi Business Service (DBS) sebagai bagian dari Direktorat Enterprise & Business Service yang khusus melayani segmen UMKM, dimana RKB sendiri adalah unit dari DBS yang dikhususkan untuk melakukan pembinaan pada UMKM skala ultra mikro dan mikro.

Hingga saat ini, Telkom telah membangun RKB di 46 Kabupaten/Kota dari Sabang hingga Merauke, dimana terdapat 14.126 UMKM telah bergabung sebagai binaan RKB. RKB sendiri memiliki jenjang pembinaan, mulai dari Go Modern, Go Digital hingga Go Online.

Lagi-lagi itu merupakan sederat pencapaian Telkom. Tidak akan ada habisnya jika menyebutkan satu- persatu inovasi-inovasi Telkom Indonesia. Bahkan Telkom adalah salah satu BUMN yang punya rapor tetap bagus di masa pandemi sulit tahun 2020 ini.

Telkom akan terus melangkah ke depan, menghadapi berbagai tantangan, menyesuaikan dengan segala perubahan dan menyambut masa depan. 55 Tahun Telkom Indonesia senantiasa menemani setiap langkah anak negeri, untuk selalu berinovasi, berkolaborasi, dan berkarya untuk menggapai mimpi.