Empat Capaian Insan Pertamina Tuai Apresiasi dari Direktur Utama

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dalam acara Penganugerahaan APQ Awards 2020 yang dilakukan secara live streaming pada Kamis 2 Juli 2020

MONITOR, Jakarta – Dalam acara Penganugerahaan APQ Awards 2020 yang dilakukan secara live streaming pada Kamis 2 Juli 2020, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengapresiasi pencapaian-pencapaian positif yang dilakukan insan Pertamina.

Pencapaian positif pertama ialah mengenai peningkatan antusiasme para pekerja dalam melakukan Continues Improvement Program (CIP) sepanjang tahun 2019.

Nicke mengatakan bahwa sepanjang tahun 2019 terjadi peningkatan antusiasme yang cukup signifikan, terkumpul sebanyak 3.518 CIP dari 36 unit bisnis, unit operasi, dan anak perusahaan. Keterlibatan pekerja dalam kegiatan CIP tiga tahun terakhir pun meningkat dengan rata-rata keterlibatan sebesar 44.2 persen dari total pekerja Pertamina dan Anak Perusahaan.

Pencapaian kedua mengenai total value creation. Menurut Nicke hasilnya menggembirakan. Dari CIP tahun 2019, insan Pertamina menghasilkan total value creation sebesar Rp 44,16 triliun.

Selanjutnya, pencapaian ketiga yaitu mengenai pergeseran kegiatan inovasi dari yang sifatnya operasional menjadi preventive action dan customer focus.

“Artinya para pekerja selain fokus dengan bisnis operasional, saat ini juga sudah mulai fokus ke aspek lainnya yang tidak kalah penting dalam mempertahankan keberlanjutan dan menunjang performa perusahaan serta menjaga pelayanan ke konsumen. Kami harus terus berkompetisi dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya,” imbuh Nicke.

Pencapaian yang keempat, lanjut Nicke, “Kami menginginkan Pertamina yang bersih dan transparan. Untuk itu, pada momen ini saya mengapresiasi dan memberikan selamat kepada Fungsi Procurement Excellence Center (PEC) Kantor Pusat, PEC RU VI Balongan, dan PEC MOR III Jakarta yang telah menerima sertifikat ISO 37001:2016 (tentang system manajemen anti penyuapan) dari TUV Nord. Saya harap program sertifikasi ini dapat dilanjutkan untuk seluruh Pertamina Grup baik holding maupun sub-holding.”

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM Pertamina Koeshartanto menyampaikan bahwa pencapaian yang sudah dilakukan tidak berhenti sampai di sini.

“Perjuangan kita masih panjang. Setiap upaya peningkatan kinerja akan menjadi langkah yang sangat berarti bagi kemajuan perusahaan dan mewujudkan Pertamina sebagai perusahaan global dengan market value 100 Bio di 2024,” tutupnya.