Jumat, 29 Maret, 2024

Kemenko Perekonomian Apresiasi Kesiapan Kota Depok Hadapi New Normal

MONITOR, Depok – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian RI) mengapresiasi kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa inovasi atau aplikasi yang diluncurkan untuk memantau sebaran Covid-19 dan pergerakan orang maupun barang.

“Depok ini sudah bagus persiapannya. Adabeberapa inovasi yang diluncurkan, salah satunya aplikasi untuk memantau pergerakan orang, khususnya di pusat perbelanjaan seperti mal,” ujar Kepala Bidang Telematika Kemenko RI, Heny Puspitasari, saat melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Depok, belum lama ini.

Dikatakannya, aplikasi ini bisa memudahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan masyarakat dalam memantau pergerakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG). Ke depan, pihaknya akan memberikan masukan serta evaluasi.

- Advertisement -

“Depok juga memiliki inovasi telemedicine. Masyarakat bisa bicara langsung dengan dokter melalui sambungan telepon untuk konsultasi, ini juga bisa mendukung kesiapan AKB,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi danInformatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, inovasi ini diluncurkan juga untuk membantu Pemkot dalam memantau pergerakan orang dan bisa diakses siapa saja.

“Meskipun ada beberapa aplikasi yang dikembangkan bersama pihak ketiga, namun kita konsen untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain menghadapi masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional ke AKB,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER