Jumat, 29 Maret, 2024

Bendera PDIP Dibakar, Megawati Perintahkan Kadernya Tempuh Jalur Hukum

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akhirnya mengeluarkan surat perintah pasca terjadinya insiden bendera partai berlambang kepala banteng itu dibakar demonstran. Dalam suratnya itu, Megawati meminta seluruh kadernya untuk siap siaga.

Akan tetapi, Megawati menekankan para kader PDI Perjuangan agar mengedepankan proses hukum atas pembakaran bendera PDI Perjuangan yang dilakukan saat sekelompok massa melakukan demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan adalah Partai yang sah dan dibangun melalui sejarah panjang serta berakar kuat pada sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, melalui Partai Nasional Indonesia yang didirikan oleh Bung Karno pada tanggal 4 Juli 1927,” demikian awal kutipan isi surat tersebut, kamis (25/6) malam.

Megawati juga menjelaskan bahwa PDI Perjuangan memiliki sejarah panjang di dalam memerjuangkan hak demokrasi rakyat, meskipun membawa konsekuensi dikuyo-kuyo, dipecah belah, dan puncaknya penyerangan kantor Partai pada tanggal 27 Juli 1996.

- Advertisement -

“PDI Perjuangan tetap dan selalu akan menempuh jalan hukum. PDI Perjuangan akan terus mengobarkan elan perjuangan bagi dedikasi Partai untuk Rakyat, Bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas putri dari Proklamator Soekarno ini.

Sebagai Ketua Umum Partai, Megawati pun menegaskan partainya tidak pernah memiliki keinginan untuk memecah belah bangsa.

“Sebab kita adalah pengikut Bung Karno yang menempatkan Pancasila sebagai suluh perjuangan bangsa,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER