Viral, Paus Pembunuh Terdampar Dijadikan Objek Mainan Warga

Sejumlah warga mengerumuni paus buas yang terdampar di daerah Sulawesi Utara

MONITOR, Jakarta – Orca adalah jenis mamalia paus pembunuh, bukan hewan biasa. Di Sulawesi Utara, sekelompok masyarakat menemukan hewan buas di pinggir pantai dan memeluknya dan berfoto-foto tanpa risi.

Dalam unggahan video viral yang beredar Rabu sore (24/6/20), tampak anak-anak dan orang tua berebut memegang, memeluk dan berfoto-foto. Seorang ibu malah tersenyum dan meminta di foto dengan hewan buas itu sembari menyebutkan “Semoga membawa berkah bagi Desa Inobonto,” katanya dalam rekaman video tersebut.

Masyarakat yang menemukan paus Orca itu menyebutkan sebagai lumba-lumba. Dan mereka tak menyadari bahaya berhadapan dengan paus pemakan daging tersebut.

Paus Orca ciri-ciri nya ada warna putih di dada bawahnya, memiliki gigi tajam dan ada sirip di atas seperti hiu.

Paus itu sendiri, terlihat berukuran dua kali orang dewasa dan kelihatan dalam kondisi lemas. Belum diketahui bagaimana paus pembunuh itu bisa terseret ke pantai dan sendirian.

Dalam riset kelautan, Orca ( Orcinus orca ), adalah paus bergigi masuk dalam keluarga lumba-lumba. Paus pembunuh memiliki makanan yang beragam, meskipun populasi individu sering berspesialisasi dalam jenis mangsa tertentu.

Beberapa jenis memakan ikan secara eksklusif, sementara yang lain berburu mamalia laut seperti anjing laut dan spesies lumba-lumba lainnya. Mereka dikenal menyerang anak paus dan memakan lidah paus (balin).

Paus pembunuh adalah predator puncak , karena tidak ada hewan yang memangsa mereka.