Rabu, 24 April, 2024

Percepat Pelaporan Data Covid-19, Pemerintah Kini Bangun Sistem Terintegrasi

MONITOR, Jakarta – Pemerintah saat ini telah membangun sebuah sistem informasi terintegrasi yang bernama “Bersatu Lawan Covid” (BLC). Tujuannya untuk mempercepat alur pelaporan data dari daerah sampai pusat.

Presiden Joko Widodo menjelaskan, data-data kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dikumpulkan melalui puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan, dan laboratorium dari seluruh Indonesia itu nantinya akan diolah, sehingga dapat menginformasikan situasi penyebaran Covid-19 masing-masing daerah di Indonesia.

“Dari sistem itu kita tahu, per tanggal 21 Juni 2020, terdapat 112 kabupaten/kota di Indonesia yang tidak terdampak atau tidak ada kasus baru, 188 dengan risiko rendah, 157 dengan risiko sedang, dan 57 dengan risiko tinggi,” ujar Jokowi saat konferensi pers, di Istana Negara, Rabu (24/6).

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan data-data dari sistem itulah, kebijakan pemerintah untuk beradaptasi terhadap kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman dari penularan Covid-19 dapat diambil dengan persiapan dan kehati-hatian.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER