Minggu, 24 Oktober, 2021

Konflik Laut China Selatan, Komisi I DPR Ingatkan Pemerintah Tidak Memihak

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengingatkan agar Indonesia tetap waspada jangan sampai terlena dan dimanfaatkan oleh negara-negara yang bersengketa atas wilayah Laut China Selatan menyusul eskalasi konflik di kawasan Laut China Selatan yang terus memanas.

Politikus PKS itu menekankan Indonesia agar menjalankan prinsip politik bebas aktif dan tidak terseret ke salah satu blok yang tengah berkonflik.

“Indonesia harus betul-betul berdiri bebas aktif, kita bebas menggalang perdamaian, aktif menggalang perdamaian, tapi kita tidak masuk dalam salah satu aliansi itu. Sangat penting Indonesia untuk menyiapkan diri menyiagakan agar pihak-pihak yang terkait dengan sengketa itu tidak memanfaatkan Indonesia dan teritorialnya,” kata Sukamta dalam diskusi online Forum Monitor bertajuk ‘AS-Tiongkok Memanas di Laut China Selatan, Bagaimana Sikap Indonesia”, Kamis (18/6).

Seukamta berharap pemerintah Indonesia harus siap dengan segala kemungkinan termasuk jika terjadi peperangan terbuka antara AS dan Tiongkok di Laut China Selatan.

- Advertisement -

“Kita harus terus memperkuat pertahanan kita sendiri. Jangan sampai negara kita terseret bagian dari konflik, memihak dalam salah satu blok, baik Amerika maupun China,” tandas Politikus PKS ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER