Antisipasi Kebakaran di Musim Kemarau, Golkar DKI: Warga Harus Berhati-hati

Sekretaris DPD Golkar DKI Basri Baco saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran

MONITOR, Jakarta – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar DKI mengimbau seluruh warga Jakarta, terutama yang bermukim di kawasan padat, agar mengantisipasi bahaya kebakaran. Sekretaris DPD Partai Golkar DKI, Basri Baco, mengatakan potensi kebakaran bisa kapanpun terjadi, terlebih saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Kita ingatkan. Kemarau itu identik dengan kebakaran, makanya harus waspada. Kita munta masyarakat agar berhati-hati. Ini musim kemarau lho,” kata Baco saat mengunjungi dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran yang berlokasi di RT 13 dan 14 Rw 07 Kelurahan Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat (17/6).

Tak hanya itu, Baco yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menginstruksikan regu-regu Pemadam Kebakaran (Damkar) yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk siaga selama musim kemarau.

“Semua perlengkapan dan peralatan pemadam kebakaran harus dalam kondisi siap, tangki air, mesin pompa dan selang penyemprot pastikan semua kondisinya baik,” ujar Baco.

Dirinya menjelaskan musim kemarau tersebut berpotensi terjadinya kebakaran, kesiapsiagaan petugas pemadam kebakaran sangat diperlukan. Namun, kata dia, upaya pencegahan dapat dimulai dari masyarakat.

“Kehati-hatian masyarakat sangat diharapkan, pastikan sebelum keluar rumah kompor gas, listrik dan lain-lainnya sudah mati semua. Kalau terjadi pemadaman listrik, hindari menggunakan lilin. Atau jauhkan dari tempat-tempat yang mudah terbakar,” tuturnya.

Sementara hadir dalam pemberian bantuan tersebut, Ketua Harian DPD Partai Golkar DKI Judistira Hermawan dan beberapa pengurus lainnya. Dalam kunjungan tersebut, Golkar DKI memberikan bantuan berupa 100 paket sembako dan 6 amplop isi uang Tunai sebesar 750 ribu bagi warga yang terdampak.

“Dalam kunjungan ini kami juga membawa bantuan berupa 100 paket sembako dan 6 amplot isi uang Tunai sebesar 750 ribu untuk membantu keluarga atau rumah yg terbakar. Mohon bisa diterima dengan senang hati, tidak bayak tapi semoga bisa membantu meringankan beban yang ada,” kata Baco saat menyerahkan bantuan.

“Doakan Partai Golkar agar kami selalu kuat bersama Rakyat karena selogan kami suara rakyat suara Golkar. Terima kasih Bu Lurah Benhil dan sahabat-sahabat dari Babinsa dan Bimas serta satpol yg sudah menemani kami hari ini,” sambungnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda sebuah bangunan di kawasan padat penduduk yang berada di Jalan Penjernihan Dalam RT13/RW007, Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Sabtu (13/6/2020) ini.