Pasar Gondangdia Ditutup Sementara usai Seorang Pedagang Positif Covid-19

Ilustrasi pasar Gondangdia Jakarta Pusat/ dok: google

MONITOR, Jakarta – Seorang pedagang yang bekerja di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, dilaporkan terkonfirmasi Covid-19. Akibatnya, pasar tersebut harus ditutup sementara sejak Senin, 15 Juni kemarin.

Camat Menteng Edy Suryaman mengatakan, satu orang yang ditetapkan terpapar corona itu usai menjalani rapid test. Hasilnya reaktif dan ditindaklanjuti tes swab dengan hasil positif Covid-19.

“Satu orang pedagang setelah dicek ternyata positif Covid-19. Saat ini masih ditutup. Penutupannya mulai dari kemarin ya,” ujar Edy Suryaman saat dihubungi wartawan, Selasa (16/6).

Penyegelan sementara itu, kata Edy, sudah dikoordinasikan dengan Perumda (PD) Pasar Jaya khususnya Kepala Pasar Gondangdia. Dari pihak Pasar Gondangdia juga mengeluarkan Surat Pemberitahuan yang berisi penutupan pasar dilakukan dari tanggal 15 Juni – 17 Juni 2020.

Dan Pasar Gondangdia yang berada di samping Stasiun Kereta Gondangdia akan kembali beroperasi pada 18 Juni 2020 pukul 06.00 – 14.00 WIB. Edy menegaskan, pedagang Pasar Gondangdia saat ini dilarang berada di area pasar dan dianjurkan agar tetap berjualan dari rumah agar penyebaran COVID-19 tak menyebar luas.

Adapun seluruh area pasar tradisional itu dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan secara masif selama tiga hari berturut-turut.

Edy pun mengimbau kepada pedagang atau pengunjung untuk tidak beraktivitas atau berjualan di Pasar Gondangdia dahulu sampai kondisi aman.