Khofifah Bersyukur Ada Terapi Baru Penyembuh Pasien Covid-19 di Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir di acara orientasi DPD RI

MONITOR, Surabaya – Harapan baru tampaknya tengah dirasakan warga Jawa Timur yang terjangkit virus Corona, atau Covid-19. Pemerintah Provinsi Jawa Timur kini sedang mengembangkan jenis terapi baru untuk menyembuhkan penyakit berbahaya asal Wuhan, China, tersebut.

Adapun terapi yang kini dikembangkan adalah Plasma Konvalesens. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sejauh di awal percobaan, seorang pasien Covid-19 dinyatakan membaik dan sembuh setelah melakukan terapi konvalesen di RSAA.

“Plasma konvalesens menjadi terapi harapan baru di Jawa Timur. Saat ini telah ada 22 waiting list untuk Donor Plasma Konvalesens di RSUD Soetomo dan RSUD Syaiful Anwar. Di RSSA terapi konvalesen telah berhasil membuat satu pasien COVID-19 membaik hingga lepas ventilator,” ujar Khofifah kepada awak media.

Khofifah mengungkapkan, di RSUD Soetomo, terapi konvalesen tersebut telah berhasil membuat dua pasien Covid-19 membaik hingga lepas ventilator dan sembuh.

“Saat ini uji coba klinis dilakukan di RSUD Soetomo kepada 6 pasien dan di RSnRKZ 1 pasien. FDA Amerika mengizinkan penggunaan plasma konvalesens pada pasien COVID-19 bergejala berat,” tukas mantan Menteri Sosial ini.