Pusat Perbelanjaan di Depok Siap Buka dengan Protokol Kesehatan New Normal

Wali Kota Depok Mohammad Idris saat meninjau salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok. (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, hari ini meninjau kesiapan protokol kesehatan menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pusat perbelanjaan di Kota Depok.

Menurutnya, kesiapan sejumlah pusat perbelanjaan sudah baik menghadapi AKB, tentu dengan dilengkapi protokol kesehatan yang ketat.

“Persiapan pusat perbelanjaan di Kota Depok secara umum menghadapi AKB sudah baik, mulai dari pengecekan suhu, pembatasan jumlah pengunjung, hingga menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun,” jelas Mohammad Idris saat meninjau Depok Town Square (Detos), Kamis (4/6).

Dia menuturkan, awalnya pusat perbelanjaan di Depok akan dibuka pada Jumat (05/06). Namun kini mengalami perubahan menjadi tanggal 16 Juni 2020.

Perubahan itu berdasarkan koordinasi dengan wilayah sekitar, khususnya Jakarta, lalu pembukaan pusat perbelanjaan ini disesuaikan dengan  angka penularan atau reproduksi efektif (Rt) Coronavirus (Covid-19).

“Jika hingga tanggal 16 Juni ini angka Rt di Kota Depok tetap konsisten < 1, serta indikator lainnya terpenuhi, maka pusat perbelanjaan akan dibuka,” tegasnya.

Dikatakan Idris, nantinya pengelola pusat perbelanjaan diminta untuk terus mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Terutama mengenai jumlah pengunjung yang tidak lebih dari 50 persen.

“Sesuai protokol kesehatan, setiap empat meter persegi hanya diisi oleh satu orang. Jadi pengunjungnya tidak lebih 50 persen dari kapasitas pengunjung pusat perbelanjaan sebelumnya,” pungkasnya.