Telkom Siap Bantu Pelaku Usaha Produktif di Tengah Physical Distancing

Telkom

MONITOR, Jakarta – Terjadinya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020, telah membawa sejumlah ketidakpastian terhadap perekonomian di seluruh dunia. Saat ini, semua negara tengah berjuang melawan pandemi ini melalui berbagai cara, termasuk penerapan physical distancing, yang selanjutnya mempengaruhi beberapa industri utama yang menopang perekonomian.

Namun satu hal yang kemudian menandai hampir semua area aktivitas, baik pemerintahan, korporasi maupun personal adalah, meningkatnya pemanfaatan teknologi yang serba digital. Dalam kondisi krisis seperti ini, perusahaan yang memasarkan produk dan layanan secara efektif, strategis dan mengedepankan kepedulian sosial akan mendapatkan tempat di hati pelanggan.

Memperlakukan pelanggan sebagai teman adalah strategi pemasaran yang menjadi kunci keberlangsungan bisnis, khususnya di masa seperti sekarang.

“Bisnis di saat pandemi Covid-19 ini berat, namun bukan berarti semuanya pupus. Telkom menghadirkan berbagai solusi digital agar pelaku bisnis maupun pelaku industri tetap dapat menjangkau pasarnya selama ini, walaupun dilakukan dari rumah,” kata Direktur Enterprise & Business Service Bogi Witjaksono.

Dikatakannya,  bagi TelkomGroup, membangun kekuatan digital sudah dilakukan jauh sebelum pandemi ini terjadi. Kini, kekuatan tersebut lebih diperkaya melalui sentuhan humanis yang menggantikan fungsi tatap muka secara langsung dengan pelanggan. 

Melalui anak usahanya, MDMedia, TelkomGroup meluncurkan gerakan #dirumahgaknyerah sebagai wujud kepedulian dan membangkitkan semangat untuk terus berkreasi meskipun dari rumah. Gerakan yang sejalan dengan agenda pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah ini diimplementasikan melalui beberapa program seperti:

1. Digital Activation #dirumahgaknyerah
Sebuah kegiatan yang sarat akan edukasi, motivasi, informasi, interaksi dan hiburan yang dikemas menarik. Diharapkan membangkitkan semangat para pelaku bisnis untuk tetap bertahan dan mampu mengambil peluang dari kondisi pandemi saat ini. Selain itu, melalui kegiatan ini juga dilakukan penggalangan donasi untuk APD bagi tim medis dan masyarakat marginal yang terpaksa bekerja di luar rumah. Kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui fasilitas streaming.

2. Webinar AdsQoo 
Merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah agar tetap produktif dari rumah dengan memperkenalkan penggunaan platform digital AdsQoo untuk melakukan berbagai promosi digital (online, mobile dan digital out of home) secara mandiri.

“Dengan AdsQoo.id saya tidak perlu membuat Form Campaign Order SMS LBA secara manual. Beriklan jadi sangat mudah dan cepat,” ujar Sondang – Markom Manager Superindo.

3. Webinar MaXight
Mengajak pemerintah daerah dan pelaku industri pariwisatanya untuk mempersiapkan strategi pariwisata yang tepat pasca pandemi Covid-19 melalui pemanfaatan mobile positioning data (MPD).

“Webinar ini sangat bermanfaat sebagai insight bagi dinas pariwisata dan penggerak pariwisata lainnya dalam mengambil kebijakan maupun pemasaran,” papar DR. Titi Kanti Lestari SE, M.Com – Direktur Statistik Keuangan, TI & Pariwisata. 

Direktur Utama MD Media Syaifudin mengungkapkan Telkom Group menyadari pentingnya untuk menjaga kualitas hubungan dengan pelanggan, dalam bentuk komunikasi yang  positif dan optimis tanpa harus memperburuk kondisi yang sudah sulit.

“Melalui teknologi digital, pelanggan tetap mendapatkan perlakuan sebagai teman. Telkom Group akan terus mendampingi pelanggan agar tetap produktif dalam berkarya, karena Telkom Group #selaluada untuk Indonesia,” pungkasnya.